Marketing Trends

McDonald’s Kampanyekan Pentingnya Hari 100 Persen Keluarga, 0 Persen Gadget

McDonald’s Kampanyekan Pentingnya Hari 100 Persen Keluarga, 0 Persen Gadget

Keluarga menjadi kampanye McDonald’s yang baru. Dalam sebuah survei yang dilakukan McDonald’s Indonesia, ketika ditanya apa sebenarnya yang mereka inginkan saat libur, terlihat dalam jawaban survei dari anak-anak bahwa kebutuhan utama anak-anak adalah bersama orang tuanya dengan perhatian yang maksimal, tanpa diganggu pekerjaan apalagai kesibukan orang tua dengan gadget-nya. Berbeda dengan orang tua, jawaban mereka justru ingin ‘me time’ dengan melakukan berbagai hobi mereka.

“Fenomena itu memang terlihat di kota besar, orang tua bekerja, waktu yang dimiliki untuk keluarga sedikit. Namun ketika kumpul, justru asyik dengan gadget masing-masing,” kata Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia di Sarinah Thamrin. Anak-anak bermain gadget kala berkumpul dengan orang tuanya dalam survei tersebut terungkap itu dikarenakan orang tua mereka juga tidak penuh perhatiannya dan juga asyik dengan gadget-nya.

Melihat kenyataan ini, McDonald’s memandang harus ada kegiatan bersama yang membuat keluarga Indonesia memiliki kegiatan yang bisa memupuk kehangatan dan kebersamaan. Maka dibuatlah kampanye untuk mengajak konsumen datang ke restoran McDonald’s namun menyimpan gadget masing-masing sehingga bisa menikmati waktu berkualitas mereka bersama bukan saja interaksi fisik juga terlibat secara emosi. “Kampanye ini kami namakan 100 persen keluarga, 0 persen gadget,” imbuh Caroline. Dalam kampanye ini, McDonald’s juga meluncurkan Paket Family Sunday Meal yang dilengkapi dengan permainan yang dapat dimainkan bersama keluarga bersamaan dengan momen Hari Anak Nasional.

Dalam paket ini hanya dengan Rp 150 ribuan, konsumen bisa mendapatkan 2 paket hemat (paket nasi), 2 paket Happy Meal, 2 ice cream Sundae, dan sebuah paket papan permainan seru. Paket tersebut bisa ditemui untuk paket sarapan (untuk jam 5 pagi hingga 11 siang) dan paket regular (mulai jam 11 siang hingga 5 sore). “Paket ini memang untuk makan di restoran atau dine in, karena kami mengajak keluarga berekreasi di restoran dengan kehangatan menu serta paket permainan dari kami,” katanya.

Untuk mendukung kampanye ini, McDonald’s memasang stiker permainan di meja-meja makan di 50 restoran McDonald’s, bahkan 15 restoran diantaranya akan dihias dengan tema keluarga dari total 174 restoran McDonald’s yang ada di seluruh Indonesia. Menurut Caroline, pilihan restorannya sengaja di cabang yang dekat dengan wilayah perumahan dan banyak dikunjungi keluarga. Stiker permainan yang dipasang di meja-meja ini agar pada saat menyantap makanan konsumen dapat bermain bersama sehingga tercipta kehangatan keluarga dan makin mempererat hubungan mereka.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved