Management Trends

Mestri Puspayoga Sebut Angka PDB Koperasi Naik Signifikan

Mestri Puspayoga Sebut Angka PDB Koperasi Naik Signifikan

Indonesia bersyukur bahwa rasio wirausaha dan produk domestik bruto (PDB) koperasi sudah mengalami peningkatan. Rasio wirausaha bahkan sudah pecah telor pada tahun 2016 mencapai 3,01% setelah sebelumnya hanya bertahan di angka 1,5% sejak 2013, sedangkan PDB koperasi tumbuh menjadi 3,99% pada tahun 2016 dari level 1,7% pada tahun 2013.

Salah satu yang mempercepat pertumbuhan rasio wirausaha dan PDB koperasi, ungkap Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, adalah gerakan yang dilakukan Grup Astra secara terus menerus melalui berbagai yayasan dan Koperasi Astra. Pola pembinaan mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dilakukan Grup Astra beserta yayasannya, khususnya Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), dan Koperasi Astra, dapat mendorong pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Gerakan pembinaan UMKM ini sejalan dengan program Presiden Joko Widodo yang meminta walikota dan pemimpin daerah untuk mengembangkan kewirausahaan di daerah masing-masing. Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat menutup Rakernas Apeksi 2017 di Malang, Jawa Timur, pada Kamis (20/7/2017). “Pemerataan kesejahteraan ini terjadi karena ada pola kemitraan Astra dengan UMKM yang jelas sehingga tidak hanya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga mendorong pertumbuhan rasio wirausaha di Indonesia,” ujar Menteri Puspayoga saat membuka Festival Kewirausahaan dalam rangka perayaan HUT ke-60 Astra di Surabaya

Menteri Puspayoga mengungkapkan sebelum 2013 rasio wirausaha di Indonesia hanya berkisar 1%-an. Padahal di dunia, rasio tersebut minimal harus 2% dari jumlah penduduk. “Sejak 2013, rasio itu sudah pecah telor dan meningkat menjadi 3,01% pada tahun 2016, meskipun rasio ini masih di bawah negara-negara tetangga, seperti Singapura (7%), Malaysia (5%), dan Thailand (4%). Peningkatan rasio itu berkat gerakan kita semua, seperti yangdilakukan oleh Astra,” jelas Menteri Puspayoga. Saat ini, Grup Astra dan yayasannya membina 10.847 kelompok UMKM dan 97.641 orangsudah menerima manfaat dari program pembinaan tersebut.

Editor: Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved