Marketing Trends

Strategi e-Print Taklukkan Bisnis Tinta Printer

Strategi e-Print Taklukkan Bisnis Tinta Printer

Tidak banyak pemain lokal yang fokus menggarap produk terkait dengan komputer. Adalah PT Sinar Asia Perkasa, salah satu dari pemain yang mengusung merek e-Print produk tinta khusus printer. Dengan tagline Solusi Cetak Hemat, Kualitas Hebat, merek ini menjalankan berbagai strategi komunikasi dan pemasaran agar menjadi pemain terdepan di kategori ini.

E-Print selain dipasarkan di Indonesia, juga sudah diekspor selain memproduksi tinta printer tinta suntik, juga ada tinta isi ulang dan toner untuk merk printer HP, Canon, Epson, Brother dan Panasonic. Selain itu ada produk yang berkaitan dengan komputer yaitu photo paper, laminating, ribbon toner, themper (thermal paper) dan thermal fax.

Menurut Sutiono Soemarno, Chief Operating Officer PT Sinar Asia Perkasa, pihaknya terus berkomitmen menjaga kepercayaan konsumen dengan menyediakan produk bukan saja berkualitas namun juga memuaskan konsumen. “Kami terus berinovasi secara konsisten agar merek e-Print tidak hanya memiliki tempat teratas di pasar lokal juga diakui pasar internasional,” tutur di Hotel Pullman, Central Park. Untuk diketahui, e-Print sangat populer di kalangan industri percetakan, mahasiswa dan perkantoran.

Sutiono menuturkan, dalam persaingan bisnis yang makin ketat inovasi memegang peran penting. Salah satunya dengan relaunch produk tinta L-Series, Toner dan Themper pada Kamis (28/07/2017) di hotel yang berlokasi di Jakarta Barat itu. “Produk toner ini memiliki kelebihan kualitas setara OEM, tinta lebih pekat, dan hasil cetak lebih banyak hingga 2900 lembar, jadi lebih ekonomis tapi hasil tetap berkualitas,” ujarnya. Untuk tinta L-Series sendiri menurutnya memiliki kualitas setara dengan tinta originalnya, hasil lebih pekat dan tentu harga lebih ekonomis. Sedangkan Themper atau produk thermal paper roll dengan bahan baku dari Jepang, hasil cetak bisa bertahan setahun dan tetap jelas cetakannya.

Upaya lain untuk memenangkan persaingan adalah dengan menjalin hubungan baik dengan para daeler. “Maka itu disaat bersamaan ini, kami mengadakan gathering sekaligus ajang apresiasi dengan para mitra kami,” katanya. Selain itu, langkah yang dilakukan selain promosi dan beriklan adalah dengan mengadakan Workshop Digital Printing secara berkala sebagai kegiatan CSR mereka untuk membantu masyarakat meningkatkan wawasan kewirausahaan. Juga mengadakan Workshop Papercraft untuk mendorong daya kreatifitas masyarakat.

Merek yang sudah dibangun sejak tahun 2000 ini dengan langkah tersebut berhasil meraih berbagai penghargaan. “Pada tahun 2013 kami berhasil mendapat penghargaan pertama Rekor Bisnis sebagai Pelopor Tinta Botol Printer Dengan Inovasi Produk Terbanyak,” katanya bangga. Lalu apda 2015 berhasil menyabet penghargaan Marketing Award untuk The Best In Social Marketing. Tahun 2015 meraih penghargaan Indoensia Digital Popular Brand Award. Dan pada 2016 ada dua penghargaan yang berhasil diraih yaitu Top Brand 2016 untuk kategori Refill Tinta Printer dan Digital Marketing Award untuk Great Performing Website. Sedang pada tahun ini penghargaan yang berhasil dicapai adalah Indonesia Platinum Award 2017 dan kembali meraih Top Brand Award.

“Target kami menjadi pemain nomor satu dikategorinya, jadi market leader,” ujar Sutiono tanpa mau menyebut angka penjualannya. Ia menambahkan semua perhargaan itu merupakan persembahan untuk konsumen dan distributor e-Print di seluruh Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved