Management Trends

Performa Nutrifood di Era VUCA

Performa Nutrifood di Era VUCA

Head of Strategy, Business Development and Legal Nutrifood Indonesia, Nancy Indriati.

Dalam menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, & Ambiguity), Nutrifood Indonesia mau tidak mau harus mengalami perubahan dalam menjalankan bisnisnya.

Semakin ketatnya kompetisi, rantai pelanggan, dan touch point pelanggan yang aware hingga terjadinya pembelian menjadi kondisi yang harus dihadapi. Terlebih mengenai adaptasinya pada perkembangan teknologi yang senantiasa harus dilakukan secara terus-menerus juga menjadi tantangan.

Menurut Head of Strategy, Business Development and Legal Nutrifood Indonesia, Nancy Indriati, di Nutrifood memungkinkan cara kerja kolaborasi lintas bagian. “Selain secara fungsional, terdapat beberapa komite (cross functional team) yang menggarap area khusus bersama anggota tim lain. Cara ini dapat berjalan lebih efektif, organisasi lebih agile dan adaptif terhadap berbagai perubahan,” ungkapnya.

Masalah transparansi terhadap karyawan, Head of HR Nutrifood Indonesia Veronica Shinta mengungkapkan bahwa sangat disadari oleh Nutrifood bahwa sistem compensation dan benefit yang baik akan memberikan keseimbangan yang cukup antara fairness di sisi internal serta competitive di sisi eksternal. “Hal ini diimbangi dengan kemampuan perusahaan, salary survey di industri yang relevan dilakukan serta menggunakan informasi tersebut dalam pengambilan keputusan,” tambahnya.

Membangun suasana lingkungan kerja selayaknya rumah kedua menjadi tagline Nutrifood. Frase tersebut dibangun oleh karyawan dan cukup menggambarkan bagaimana karyawan memandang tempat kerja mereka.

“Layaknya rumah, yang memberikan kenyamanan dan kehangatan, kami berharap supaya karyawan yang bekerja pun merasa nyaman serta engage sehingga dapat memberikan kontribusi yang optimal,” ujar Veronica.

Program yang diinisiasi Nutrifood banyak diambil dari semangat value & culture perusahaan. Semangat tersebut mampu menjadi perekat dan simbol yang terefleksikan pada ruang fisik kerja dan memberikan “a great employee experience.”

Sejalan dengan produk yang dikeluarkan Nutrifood yaitu makanan dan minuman kesehatan, perusahaan ini memiliki misi inspiring a nutritious life. Perusahaan berusaha membentuk karyawan mencapai work life integrated melalui living the brand. “Karyawan sebelum menginspirasi masyarakat lewat program dan produk Nutrifood, dapat memulai hidup sehatnya di kantor. Dimulai dengan health committee yang tersedia di kantor seperti fasilitas gym, makanan sehat, pemeriksaan kesehatan serta berbagai event inspirasi hidup sehat seperti cholesterol challenge,” ungkap Nancy.

Penggunaan teknologi data analytics pada pengelolaan talent menjadi fokus Nutrifood dalam mengimplementasikan di area tertentu, baik yang sifatnya sederhana maupun prediktif. Pengimplementasian ini secara keseluruhan masih pada tahap awal eksplorasi. Sejauh ini pendekatan baru di bidang teknologi data analytics memberikan dampak yang cukup baik. Walaupun masih tahap awal eksplorasi dan terbuka untuk pengembangan ke depan.

Reportase: Jeihan Kahfi Barlian


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved