Management Trends zkumparan

Smartfren Cetak Pemimpin Lewat MDP

Smartfren menjadi perusahaan telekomunikasi yang berkomitmen besar membangun Indonesia.

Dengan memberikan nilai lebih pada konsumen Indonesia, Smartfren mencoba memperluas network, berinovasi lewat produknya, memberikan customer experience, dan profitable sekaligus employee of choice bagi para pekerjanya.

Mendukung misinya dalam melakukan ekspansi, Management Development Program (MDP) yang dibuat Smartfren, menciptakan leader yang di grooming dari dalam yang sesuai dengan culture perusahaan dan visi misinya.

Menurut Chief Human Resource Officer PT Smartfren Telecom Tbk., Setiawani Sukri, Smartfren mencoba untuk mengembangkan talent yang memiliki potensi tinggi. “Setelah mereka masuk, kami persiapkan menjadi leader. Kami membangun mereka melalui program akslerasi untuk kemudian dipilih dan diseleksi. Di program tersebut mereka akan mengalami rotasi, sehingga mereka akan mendapatkan wawasan yang lebih luas,” ungkapnya.

Smartfren juga fokus pada personal development dan cocok untuk mereka yang menginginkan fast carrer. “Fastetst growing menjadi salah satu kelebihan program ini, program ini. Di desain khusus debagai program future leader dan diisi oleh para ekspertis di bidangnya. Program ini menyiapkan agar bisa masuk ke posisi generalis maupun spesialis di level tersebut,” jelasnya.

Dalam program MDP akan diajarkan consumer learning. Tahun 2013 telah dimulai program MDP Smartfren khusus untuk MDP teknologi. Program MDP berfungsi sebagai penunjang teknologi dalam mengembangkan network di Indonesia. Saat ini beberapa lulusan MDP Batch 1 telah menduduki posisi management.

Visi Smartfren adalah growing leader from within yang bertujuan untuk mengisi pos-pos leader puncak. Memperkuat pilar yang ada di komersial dan teknologi dengan menumbuhkan leader yang kuat di setiap area masing-masing. “Hal ini berguna saat mereka memasuki middle management terutama di lini leadership. Saat berada di middle management, mereka akan mengikuti program cross dan akan masuk dalam talent management. Disitu kita identify siapa saja yang bisa masuk ke dalam top performance dan top potential,” jelasnya.

Saat ini jumlah pegawai Smartfren mencapai 2.000 karyawan permanen dan kontrak serta 4.000 tenaga tersebar di bagian sales dan teknologi untuk mendukung ekspansi. Smartfren menjadi leader di market data. Di lini komersial MDP mentargetkan hire 200 orang dan setiap satu orang bertanggung jawab atas 400-500 outlet. “Kita sengaja mencari talent untuk cover territory yang lebih luas, sampai saat ini kami masih berfokus di wilayah Jawa. Nantinya batch di luar pulau Jawa seperti, Sumatera dan Kalimantan akan melengkapi yang telah ada.

Reportase: Anastasia Anggoro Sukmonowati

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved