Marketing Book Review Trends zkumparan

Strategi Pemasaran Buku Home Learning Ala Gramedia

Gramedia Pustaka Utama (GPU) baru saja meluncurkan buku terbarunya yang bertajuk Home Learning: Belajar Seru Tanpa Batas di Gramedia Matraman, Jakarta (15/3/2018).

Pihak manajemen menghadirkan Aranggi Soemardjan, CEO Clevio Coder Camp sebagai pembicara. Ia membawakan topik mengenai kemerdekaan belajar untuk anak-anak. “Semangat home learning adalah merdeka belajar. Merdeka untuk memilih belajar di manapun, baik di dalam rumah maupun di luar sekolah,” ujarnya.

Buku ini lahir dari kebutuhan orangtua akan informasi yang tepat tentang jalur informal untuk mendidik anak mereka. Secara garis besar, Home Learning mengulas konsep mendidik anak berbasis rumah tangga atau keluarga.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana, menggunakan ilustrasi menarik, dan dilengkapi pengalaman nyata ketiga penulisnya beserta contoh praktis. Dionisius Wisnu, public relations GPU memaparkan bahwa sasaran pembaca buku ini adalah para orang tua yang ingin mengetahui perkembangan pendidikan di masa sekarang.

Peluncuran buku ini menjadi salah satu strategi untuk memperkenalkan buku Home Learning pada masyarakat. Setelah peluncuran pertama di Jakarta, biasanya akan diadakan diskusi dan talkshow di beberapa kota di Indonesia. Pemilihan kota bergantung pada penulis dan segmen pembaca. “Selain itu, kami juga berusaha merangkul komunitas pengajar dan parenting,” ungkap Wisnu.

Pemasaran tidak hanya dilakukan secara offline, namun juga online. GPU mempromosikan buku Home Learning di berbagai sosial media dan menerbitkan buku versi digital.

Strategi penjualan tidak hanya dilakukan lewat pemasaran juga, tapi lewat desain cover dan sinopsis yang menarik. Wahyu menambahkan, review pembaca juga berpengaruh pada keputusan pembeli.

Home Learning diterbitkan sebanyak 3.000 eksemplar pada cetakan pertama. Wisnu berharap, buku ini akan terjual habis, bahkan dicetak ulang. Harapan GPU dengan diterbitkannya buku ini adalah model pendidikan anak semakin berkembang dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved