Listed Articles

Garuda Terima Airbus 330-200 Ke-12

Garuda Terima Airbus 330-200 Ke-12

Garuda Indonesia menerima masing-masing satu pesawat baru. Sebuah Airbus 330-200 ke-12 dari pabrik Airbus di Toulouse – Perancis tiba tanggal 14 April di Hanggar Garuda Maintenace Facility – Aero Asia. Dan jika sesuai rencana, sebuah Boeing B 737-800NG langsung dari pabrik Boeing di Seattle, Amerika Serikat juga akan tiba tanggal 16 April.

Adapun pesawat Airbus A-330-200 dan B-737-800 NG ini diklaim memberikan lebih banyak kenyamanan kepada para pengguna jasa karena dilengkapi dengan “in-flight entertainment system” baik di kelas bisnis maupun ekonomi dengan Audio Video on Demand (AVOD) dengan 25 pilihan film, 10 program TV, 35 pilihan album musik dan 25 interaktif video games. Para penumpang Airbus A330-200 di kelas bisnis akan lebih menikmati penerbangan mengingat tempat duduk dapat direbahkan hingga 180° atau menjadi “flat-bed-seats”.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan bahwa tahun 2011 ini, Garuda Indonesia mendatangkan sebanyak 11 pesawat baru yang terdiri dari sembilan Boeing 737-800 NG dan dua Airbus 330-200. “ Satu pesawat Boeing B737-800 NG telah tiba pada bulan Januari lalu, sementara satu pesawat Airbus A330-200 yang tiba pada hari ini, merupakan pesawat ke 12 dari tipe yang sama yang dimiliki oleh Garuda Indonesia”, tambah Emir, sapaan Emirsyah, di sela-sela acara penyambutan kedatangan pesawat Airbus A330-200 di Hanggar II, GMF AeroAsia, kemarin.

Sejalan dengan program pengembangan Garuda Indonesia ke depan yang dikenal dengan nama Quantun Leap, khususnya dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa, maka Garuda Indonesia terus mengembangkan kekuatan armadanya dengan mendatangkan pesawat – pesawat terbaru. Pada tahun 2010 yang lalu, Garuda telah mendatangkan sebanyak 24 pesawat baru terdiri dari 23 Boeing 737-800 NG dan satu Airbus 330-200.

Melalui Program “Quantum Leap”, hingga tahun 2015 di rencanakan Garuda Indonesia akan memiliki sebanyak 153 pesawat yang terdiri dari B737-800NG, A330-200, dan B777-300ER. Pelaksanaan program Quantum Leap tersebut adalah sebagai upaya menyiapkan Garuda Indonesia sebagai flag carrier Indonesia untuk mampu melanjutkan peningkatan kinerja secara berkelanjutan, dan menyiapkan Garuda Indonesia agar menjadi airline yang kompetitif dan mampu bersaing di pasar internasional di masa-masa mendatang.

Sejalan dengan penambahan pesawat tersebut, Garuda juga menambah frekuensi penerbangan dari Jakarta ke berbagai kota-kota di domestik antara lain Palembang (dari 8 menjadi 9 kali sehari). Batam (dari 3 menjadi 4 penerbangan sehari). Padang (dari 3 menjadi 4 penerbangan sehari). Surabaya (dari 15 menjadi 16 penerbangan sehari). Balikpapan (dari 7 menjadi 8 penerbangan sehari). Yogyakarta – Denpasar (dari 2 menjadi 3 penerbangan sehari). Surabaya – Denpasar (dari 3 menjadi 4 penerbangan sehari).

Untuk rute internasional, Garuda Indonesia juga menambah frekuensi penerbangan rute Denpasar – Seoul dari 3 penerbangan menjadi 5 penerbangan per minggu, serta rute Jakarta – Bangkok dari sekali menjadi dua kali penerbangan sehari mulai Juni 2011.

Selain penambahan frekuensi, Garuda Indonesia juga berencana membuka beberapa rute internasional dan domestik dalam tahun ini. Di rute internasional Garuda Indonesia berencana membuka rute ke Taipei pada bulan November 2011 yang akan datang.

Pada bulan Juni 2011, Garuda Indonesia juga akan menjadikan Makasar sebagai hub (selain Jakarta dan Denpasar). Berbagai rute penerbangan baru akan dilayani dari Makassar. Dari sebelumnya Garuda Indonesia menerbangi 7 kota dari Makassar, nantinya akan ditingkatkan menjadi 13 kota, antara lain; penerbangan dari Makassar ke Manado, Ternate, Ambon, Palu, Biak, Jayapura, Denpasar, Surabaya, Jakarta, Balikpapan dan Gorontalo. Selanjutnya Garuda Indonesia juga akan melayani penerbangan ke Sorong, Timika dan Kupang dari Makassar. Garuda Indonesia juga menjadikan Medan sebagai hub untuk penerbangan intra Sumatra.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved