Financial Report Capital Market & Investment zkumparan

Di Balik Lonjakan 2.575% Penjualan Kioson

Kioson, e-comerce B2B yang menjual produk online maupun offline, pada kuartal II – 2018 mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar Rp1,27 triliun. Jumlah itu mengalami kenaikan 2.575 % (y.o.y) dari periode yang sama tahun 2017 sebesar Rp47,7 miliar. Total aset juga meningkatr 5,69% atau menjadi Rp263,9 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp249,6 miliar.

Direktur Utama Kioson, Jasin Halim, mengatakan, penjualan terbesar berasal dari produk digital sejumlah Rp 1,27 triliun, disusul oleh produk e-commerce sebesar Rp5,38 miliar. Meskipun demikian, beban pokok penjualan di kuartal II – 2018 juga naik sebesar Rp1,25 triliun dibanding periode yang sama tahun lalu sejumlah Rp45,75 miliar.

“Kenaikan beban pokok penjualan ini merefleksikan besarnya transaksi Kioson di berbagai mitra seperti seluruh provider pulsa, listrik (PLN), PDAM, BPJS, PT Tokopedia, PT Samsung Electronic Indonesia, dan lainnya. Hal ini merupakan kondisi yang wajar karena Kios tengah berupaya untuk melengkapi layanan dan produk kami,” tutur Jasin.

Perseroan juga tengah berupaya untuk mengembangkan jaringan untuk memperkuat penetrasi pasar dengan menambah jumlah kemitraan. Tercatat sampai Juni 2018, jumlah kios yang tergabung mencapai 36.250 kios. “Saat ini kami juga telah merambah 384 kota di Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Lebih jauh, Jasin mengatakan, perkembangan bisnisnya kini akan diarahkan pada pengayaan fitur-fitur teknologi agar bisa memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Ke depan, pihaknya ingin Kioson tidak hanya dipandang sebagai perusahaan penjual pulsa di warung-warung tetapi juga menjadi one-stop digital financial solution bagi masyarakat.

“Fitur yang kami kembangkan saat ini juga mengarah pada layanan dan produk yang paling relevan dengan kebutuhan kios dan pelanggannya. Seperti fitur terbaru yang berhasil kami kembangkan yaitu Online Travel Agent,” dia menegaskan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved