Listed Articles

Tim Ganesha Juara 3 L’Oréal Brandstorm 2011 di Paris

 Tim Ganesha Juara 3 L’Oréal Brandstorm 2011 di Paris

Tim Ganesha dari Sekolah Bisnis Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), mewakili Indonesia berhasil memenangkan juara 3 mengikuti tim dari India (juara 2) dan Singapura (juara 1) dalam ajang L’Oréal Brandstorm 2011 International Final yang diadakan di Paris tanggal 15-16 Juni 2011.

Sejak pertama kali diluncurkan tahun 1993, tahun ini tim dari Asia mendominasi posisi juara bersaing dengan 45 negara, dan untuk pertama kalinya sejak Indonesia berpartisipasi pada tahun 2009, tim Indonesia berhasil menempati posisi tiga besar. Dengan model kasus kampanye marketing inovatif yang menciptakan terobosan konsep perawatan salon untuk pria dari brand L’Oréal Professionnel Homme yang diberi nama ‘Koffie’, Tim Ganesha berhasil merebut perhatian dewan juri yang terdiri dari para eksekutif senior L’Oréal dipimpin oleh L’Oréal Chairman & CEO, Jean-Paul Agon.

Teuku Faris Riandi, Desita Herdini Arumsari, dan Fabila Mahadira dari Tim Ganesha mewakili Indonesia di babak final internasional setelah sebelumnya menjadi juara nasional L’Oréal Branstorm 2011 tanggal 13 April lalu di Jakarta, menyisihkan 70 tim lain dari universitas di seluruh Indonesia.

Konsep marketing Ganesha terinspirasi dari sebuah survei kecil yang mereka lakukan mengenai hal yang disukai dan tidak disukai pria. “Tidak seperti wanita, pria tidak suka menghabiskan waktu lama memanjakan dirinya di salon. Pria cenderung pergi ke barbershop untuk memangkas rambutnya dengan model yang sederhana. Dari survei tersebut, kami menemukan bahwa pria sangat suka berkumpul dengan sahabatnya untuk ngopi bersama. Hal ini dianggap sesuatu yang maskulin” kata Desita, satu-satunya gadis dalam tim ini.

Dengan memahami ketidaknyaman pria ketika melakukan perawatan di salon wanita, tim Ganesha kemudian mengembangkan konsep ‘Koffie Men’s Hair Section’ di sudut salon-salon level A dan AB sebagai coffee shops, di mana para pria bisa mendapatkan layanan perawatan dengan atmosfer yang maskulin. Di Koffie ini, pria bisa menikmati perawatan mereka dalam ambiance café yang cozy sambil menikmati secangkir kopi. Para hairdresser akan mengenakan celemek yang stylish seperti para Barista di coffee shops. “Kami ciptakan sebuah tagline ‘Give your hair a Koffie break’ agar pria memahami bahwa pergi ke salon adalah sesuatu yang normal seperti halnya mereka pergi ke café bersama para sahabatnya.” tambah Faris yang bercita-cita menjadi politikus ini suatu hari nanti.

Mengutip dari sebuah studi dari Dr. Fischer yang dipublikasikan dalam Jurnal Dermatologi Internasional, ditemukan bahwa kopi dapat menjadi solusi sempurna bagi permasalahan rambut pria, karena dapat mencegah kerusakan rambut, terbukti menguatkan, menghaluskan dan mengkilaukan rambut. “Itulah mengapa kami menggunakan kopi sebagai bahan utama dalam rangkaian produk kami yang terdiri dari Koffie Shampoo, Koffie Hair Massage Cream untuk creambath, dan Koffie Hair Balm untuk nutrisi rambut.” tutur Fabila, anggota termuda dari tim ini yang sangat menyukai seni dan desain.

Jean Christophe Letellier, Presiden Direktur PT L’Oréal Indonesia mengatakan, konsep Koffie sangat komprehensif dan ekspresif, serta memberikan kesan yang bersahabat bagi para pria untuk pergi ke salon. Mereka juga mengusulkan rangkaian produk yang melengkapi produk L’Oréal Professionel Homme yang sudah ada.

Sebagai juara 3, Tim Ganesha berhak mendapatkan hadiah paket liburan kemana pun di dunia senilai 2.500 Euro. Sementara Juara 2 dan 1 mendapatkan hadiah trip senilai 5.000 Euro dan 10.000 Euro. “Kami belum menentukan akan berlibur kemana, tapi pastinya kami akan menjelajahi salah satu negara di Asia,” kata Fabila.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved