Business Research Trends zkumparan

Apresiasi Bagi BUMN Terbaik Penyumbang Devisa Negara

Muhammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi (no. 1 dari kiri)

Warta Ekonomi memberikan apresiasi kepada perusahaan BUMN terbaik yang berhasil menunjukkan kinerja positif, memiliki citra baik di masyarakat – termasuk anak perusahaannya – dan beberapa perusahaan BUMD dengan prestasi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, sekarang Warta Ekonomi memberikan penghargaan khusus kepada perusahaan BUMN yang mampu menyumbangkan devisa untuk negara. Sumbangan tersebut berupa kegiatan hasil ekspor perusahaan serta kontribusinya dalam membantu penanganan bencana nasional.

“Pada riset kali ini, kami menggunakan tools media monitoring untuk mendapatkan beberapa perusahaan dengan cakupan pemberitaan yang luas sehingga menjadikannya popular. Dari hasil riset tersebut didapatkan 31.279 pemberitaan BUMN (termasuk anak perusahaan dan BUMD) melalui 146 media daring Indonesia dengan menggunakan tools media monitoring. Jumlah ini didapat dari pemberitaan mulai Januari-Juni 2018 dengan penggunaan kata kunci sebanyak 300 kombinasi,” jelas Muhammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi.

Untuk mendapatkan pemenangnya, BUMN Pahlawan Devisa, Warta Ekonomi melakukan riset secara kualitatif yang didasari pada poin-poin penilaian, antara lain laba, pertumbuhan ekspor, dan hilirisasi. Sedangkan, untuk BUMN penyelamat bencana, dilakukan desk research dengan mengumpulkan data-data perusahaan yang telah tanggap bencana dan dipublikasikan oleh media-media. Bantuan bencana alam yang dimaksudkan adalah Palu dan Donggala atas peristiwa gempa bumi beserta tsunami.

Berikut ini sebagian daftar pemenang Apresiasi Indonesia untuk BUMN: PT Dirgantara Indonesia, PT Indofarma Tbk., PT INTI, PT Kimia Farma Tbk dan PT Len Industri.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved