Listed Articles CSR Corner

Sudakara Gelar Pameran Seni, Kolaborasi Seniman Bali dan China

Sudakara Gelar Pameran Seni, Kolaborasi Seniman Bali dan China

Sudakara ArtSpace berkolaborasi dengan Kertas Padi menghadirkan pameran seni kolaborasi seniman Bali dan China bertajuk “Patience is Earth” — Kesabaran adalah Bumi, yang akan berlangsung hingga 6 Februari 2019, di Sudakara ArtSpace, Sudamala Suites & Villas, Sanur.

Pameran seni yang menampilkan 14 seniman berbakat Kertas Padi — komunitas perupa yang mengeksplorasi penggunaan medium ‘rice paper’ untuk berkarya, berkolaborasi dan pameran bersama 2 seniman China.

Ketua Komunitas Kertas Padi, Made Kaek, mengatakan, para seniman yang biasa menggunakan kanvas ini tertantang untuk melakukan kemungkinan baru untuk mengembangkan kekaryaan di atas ‘rice paper’. “Kami mengggunakan media ‘rice paper’ yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam tradisi berkesenian di China, tetapi tetap dengan gaya dan kekhasan masing-masing seniman dari Bali”. Menurut Kaek, hampir semua seniman dari Bali yang terlibat dalam pameran ini baru pertama kali berkarya di atas ‘rice paper’ dengan cat air serta tinta China, bahkan ada yang menggunakan pensil, akrilik, dan jenis pewarna lainnya.

Momentum ini sangat penting sebagai kelanjutan interaksi sosial dan diplomasi budaya yang telah ratusan tahun dibina para leluhur kami di Bali dengan China,” tambah Kaek.

Konsul Jenderal China di Denpasar, Gou Haodong, mengatakan pertukaran kebudayaan antara Bali dan Tiongkok telah berlangsung ribuan tahun. Pura-pura di Bali, istana kerajaan dan bangunan rumah masyarakat di Bali masih menyimpan unsur-unsur khas Tiongkok. Tidak sedikit pula nama-nama tempat dan makanan hingga kini tetap menggunakan Bahasa Mandarin.

Pameran bersama seniman Bali dan Tiongkok ini merupakan suatu pengalaman interaksi kebudayaan yang sangat bagus. “Semakin banyak dilakukan pertukaran budaya diharapkan dapat memperdalam dan mendorong kerja sama yang saling menguntungkan antara masyarakat di kedua negara, sehingga menghasilkan persahabatan dan keakraban ketingkat yang baru”.

Menurut Gou lagi, kegiatan serupa juga akan diadakan pada 2019 mendatang dengan memboyong sejumlah seniman dari Bali ke China untuk menggelar pameran bersama.

Direktur Sudamala Resorts Group, Emily Subrata, mengatakan Sudakara Art Space didirikan sebagai bagian integral dari resor utama Sudamala Resorts, Sudamala Suites & Villas, Sanur. Ia berharap pameran ini semakin mengukuhkan interaksi Indonesia dengan China, terutama untuk mengenali hubungan dengan Bali yang berusia ratusan tahun dalam interpretasinya tentang kolaborasi kreatif, seperti yang telah dipesankan pendiri Sudamala.

�>`tT�|v


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved