Listed Articles

Forrester: Pesaing iPad 'Subur' di Eropa

Forrester: Pesaing iPad 'Subur' di Eropa

Para produsen komputer tablet yang bersaing dengan iPad dari Apple, memiliki kesempatan untuk ‘jualan’ lebih besar di Eropa dibandingkan Amerika Serikat. Syaratnya? Mereka harus memotong harga untuk meraup lebih banyak perhatian.

Pernyataan tersebut diungkapkan perusahaan penelitian IT, Forrester. Keberadaan ritel Apple relatif kecil di Eropa dengan 52 toko, berbanding dengan toko resmi mereka sebanyak 238 di Amerika Serikat. Hal ini menimbulkan kesempatan besar bagi penjualan produk Samsung, Acer dan Research In Motion. Meskipun begitu, pesaing Apple ini harus melakukan perubahan harga karena iPad memiliki skala yang cukup besar di pasar tablet dan rantai suplai yang efisien.

Forrester memperkirakan produsen asal Cina dan Taiwan akan segera memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menawarkan produk murah. “Ada kesempatan bagi para penantang iPad namun kompetisi ini sangatlah fragmented. Berkompetisi dengan Apple membutuhkan pendekatan yang berbeda dari apa yang sudah kita lihat saat ini,” ujar analis Sarah Rotman Epps, penulis laporan Forrester.

Apple masih menjadi raja di pasar komputer tablet sejak meluncurkan iPad pertama kali, satu setengah tahun yang lalu. Mereka berhasil menjual 30 juta iPad dengan harga perkenalan US$ 500. Forrester memperkirakan Apple menjual 80% perangkat mereka di Amerika Serikat dan 70% di Eropa pada 2011. Forrester juga memprediksi penjualan komputer tablet 2011 di seluruh dunia mencapai 48 juta unit, dengan setengah diantaranya tersebar di AS, 30% di Eropa, 15% di Asia dan 5% di Amerika Latin.

Epps mengatakan lokal konten, toko ritel yang baik dan harga produk yang murah menjadi kunci kesuksesan melawan Apple. “Pesaing Apple harus menyatukan konten yang menarik, harga rendah dan strategi pemasaran. Belum ada pihak yang memiliki ketiganya.” Tablet yang terjual di Eropa diantaranya Acer, Archos, Asus, HP, Motorola, Research In Motion, Samsung dan Toshiba.

Dell belum meluncurkan tablet berukuran 10 inci, Streak, di Eropa ataupun Amerika Utara karena mereka tampaknya sedang berkonsentrasi di pasar Cina. Pasalnya, Streak berada di belakang Lenovo terkait popularitas tablet. Dell memasarkan produk dengan bantuan 10 ribu toko ritel. “Pihak pabrik, ritel dan operator yang kami wawancara mengomentari kegagalan tablet 7 inci yang berusaha bersaing dengan iPad,” ujar Forrester. Generasi terbaru Galaxy Tab 10 inci dan Iconia Tab dari Acer memang lebih bisa diterima masyarakat. Namun, mereka masih kalah dari Apple terkait strategi penjualan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved