Profile

Rachmat Akbar

Rachmat Akbar

Bagi Rachmat Akbar, musik ibarat jantung kedua. Namun, dalam meniti karier, alumni Teknik Industri Universitas Trisakti dan Master Management Institut Pertanian Bogor ini memilih dunia teknologi komunikasi. Saat ini Rachmat yang piawai bermain piano berkarier sebagai Manajer Pemasaran Produk PT Sony Ericsson Mobile Comunications Indonesia. ”Sejak kecil saya menyukai dunia teknologi informasi. Ketika mendapat tawaran dari Sony Ericsson, siapa yang mau nolak coba,” kata pria berusia 35 tahun yang berdarah Jawa Timur ini.

Rachmat memulai karier sebagai IT Support PT Ericsson Indonesia (Juni 2000-April 2002). Tugasnya: mengutak-atik laptop dan desktop soal update teknologi. Ia kemudian dipercaya sebagai Executive Product Support ponsel Sony Ericsson. “Saya lihat Sony Ericsson sebagai salah satu vendor ponsel yang memiliki nama besar dan cukup disegani di Indonesia. That’s why saya sangat tertantang masuk perusahaan ini,” sahut anak ketiga dari empat bersaudara ini. Seiring dengan berjalannya waktu, kariernya pun merangkak naik: menjadi Senior Executive Product Support, kemudian Asisten Manajer, Product and Service Partner Support, Head of Region Sony Ericsson untuk wilayah Sulawesi-Kalimantan-Maluku-Papua, Head of Regional Jawa Tengah, dan Maret 2010 mendapat mandat sebagai Manajer Pemasaran Produk.

Tanggung jawab yang diembannya adalah membawa Sony Ericsson sebagai ponsel terbaik di Indonesia. Selama hampir sembilan tahun menjadi bagian Sony Ericsson Indonesia, Rachmat telah banyak mengukir prestasi. Bersama tim Sony Ericsson Indonesia, ia mampu membawa Sony Ericsson Xperia menjadi ponsel terlaris di Indonesia versi Gfk periode Oktober 2010-Februari 2011. Ia juga mampu menempatkan Sony Ericsson sebagai vendor ponsel nomor 2 (GSM) tahun 2008 dan 2009 dari versi lembaga riset yang sama, Gfk. Yang paling anyar, Rachmat menjadi top 3 kategori Marketer of The Year dalam acara Sony Ericsson Worldwide Marketing Award 2008. “Tahun ini Sony Ericsson akan semakin memantapkan posisinya sebagai ponsel terbaik di Indonesia dengan memperkaya konten yang sesuai dengan tren pasar,” ungkap suami Cungki Zebrita ini.

Ario Fajar


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved