Listed Articles

Ratimaya Marakkan Bisnis Fashion Online

Ratimaya Marakkan Bisnis Fashion Online

Pengguna internet di Indonesia tahun ini diprediksi naik sekitar 10% menjadi 50 juta orang dari tahun lalu. Kenaikan ini terutama didorong dari tren penggunaan internet lewat telepon seluler (smartphone). Mengacu pada data tersebut menjadikan Indonesia pasar yang sangat menjanjikan untuk industri bisnis online. Hal inilah yang melatarbelakangi delapan pengusaha muda Indonesia mendirikan Ratimaya, shopping online store, yang mengumpulkan 20 desainer muda berbakat.

“Kami sadar bahwa perkembangan penggunaan internet di Indonesia sangatlah pesat, meskipun memang industri e-commerce, atau bisnis online, belum terlalu signifikan. Dengan latar belakang inilah kami berdelapan memutuskan mendirikan Ratimaya, bisnis online di industri fesyen,” ujar Putra Sukardi, CEO Ratimaya. Dia berharap dengan semakin banyaknya bisnis online di Indonesia, termasuk Ratimaya, industri e-commerce di Indonesia pun berkembang dengan cepat dengan meyakinkan pelanggan bahwa belanja online itu aman.

Tren yang terjadi saat ini di Indonesia adalah banyaknya remaja Indonesia berbelanja melalui jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Multiply. Ratimaya menawarkan apa yang disebut e-commerce dalam arti sebenarnya. Pelanggan dapat membeli baju, sepatu, aksesoris, dan juga tas bagi wanita dan pria dalam situs www.ratimaya.com dan melakukan pembayaran dengan sistem PayPal. Terdapat 20 merek berbeda, Ratimaya mengumpulkan vendor tidak hanya dari Jakarta tetapi juga bekerjasama dengan para desainer yang juga memiliki toko di Bandung.

“Di Ratimaya, kami mempunyai misi untuk meyakinkan pelanggan bahwa bisnis online kami aman dan menawarakan produk unik dan stylish, sekaligus untuk mendukung para desainer muda Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya,” ujar Putra.

Berdiri pada bulan Maret 2011, Ratimaya memulai bisnisnya dengan prinsip bisnis 3P; Premium, Price dan People, dalam menawarkan layanan terbaik bagi pelanggan. Premium berarti kualitas yang tidak dapat dikompromi dimana bahan produknya harus berkualitas tinggi. Price adalah batas harga yang cukup terjangkau, dan yang terakhir adalah People, dimana produk Ratimaya harus mewakili minat suatu komunitas, sepert merk “Capital T” yang mewakili Classic with Touch. “Kami ingin produk Ratimaya unik, eksklusif, tetapi tetap terjangkau, stylish dan mengikuti perkembangan,” dia menegaskan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved