Management Trends zkumparan

Loket Dukung Pemkot Malang Tingkatkan Pertumbuhan Industri Kreatif

Loket Dukung Pemkot Malang Tingkatkan Pertumbuhan Industri Kreatif
(KIRI) Fallah Amalia – Event Creator Kota Malang dan Jojo Trijoko – Marketing Manager Loket.com (ke-2 dari kiri)

Selain dikenal sebagai kota pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir industri kreatif, khususnya berbasis teknologi juga tengah menjadi fokus pengembangan Pemerintah Kota Malang.

Berdasarkan analisa data Loket, Kota Malang memiliki laju pertumbuhan event yang cukup signifikan dimana sejak diluncurkan platform Loket.com, pertumbuhan event di kota ini tumbuh hingga 550% dengan didominasi oleh tiga kategori utama, yakni workshop, festival, dan conference.

Melihat potensi tersebut, Loket ingin merangkul lebih banyak komunitas dan individu kreatif untuk berkarya lewat penyelenggaraan event dengan pengelolaan profesional melalui teknologi guna mendorong pertumbuhan industri kreatif dan pariwisata di kota Malang.

Rama Adrian , VP Consumer Solutions Loket, mengungkapkan bahwa Kota Malang merupakan salah kota yang menunjukkan pertumbuhan event yang sangat positif dan tertinggi di Indonesia. “Dari data internal kami menunjukkan bahwa sejak Loket.com diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, pertumbuhan event di Malang yang bekerja sama dengan Loket.com menunjukkan kenaikan secara signifikan hingga 550 % dengan kategori event terbanyak didominasi oleh workshop lebih dari 56 %, festival lebih dari 11% dan conference hampir 7 %. Kemudian, pertumbuhan event tertinggi terlihat di bulan Desember, Juli dan Oktober,” jelas Rama.

Data-data tersebut menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Beranjak dari data tersebut, Loket melihat bahwa tidak hanya semakin banyak komunitas dan individu kreatif baru yang tumbuh, tetapi gelaran event-event tersebut juga secara langsung turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di kota Malang. Dengan semakin banyak event-event kreatif yang digelar juga mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pengunjung ke kota Paris Van East Java ini.

Menurutnya, penyelenggaraan event merupakan salah satu pilar dalam industri kreatif yang memiliki potensi sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, di mana seiring dengan kemajuan teknologi informasi menyebabkan semakin banyak masyarakat yang bergantung pada pilar kreatif ini. Untuk itu, Loket terus melakukan inovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para event creator dan audiens.

Sebagai pionir dalam industri teknologi event dan entertainment, Loket percaya bahwa teknologi adalah milik semua kalangan dan siapapun bisa mendapatkan pengalaman mengelola event terbaik lewat teknologi, tanpa memandang skala event mereka. Hal ini kemudian diwujudkan melalui platform Loket.com dengan konsep self-service.

Jojo Trijoko, Marketing Manager Loket.com, menjelaskan, konsep self-service yang diterapkan merupakan konsep hasil inovasi Loket yang ditujukan untuk membantu para event creator dalam mengelola event mereka secara mandiri. Ini sesuai karakter target marketnya dari kalangan event creator.

Jojo mengatakan, fitur-fitur pada self-service dirancang untuk memberikan pengalaman manajemen event mandiri yang terbaik. Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online, bahkan analisis data akurat untuk mengoptimasi gelaran event berikutnya.

“Selain itu, untuk pertama kalinya event-event pengguna bisa dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner , salah satunya Gotix yang kini dikelola oleh Loket. Loket.com juga dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh partner pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment Gopay, dimana proses pembayaran tiket hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit,” jelas Jojo.

Selain mendorong pertumbuhan industri kreatif dan pariwisata di daerah, Loket juga melihat bahwa pembuatan dan pengelolaan event ini juga menjadi ajang aktualisasi diri para insan kreatif Malang dimana sebagian besar didominasi oleh generasi milenial. Loket menilai bahwa pembuatan dan pengelolaan event dapat menjadi salah satu cara milenial untuk memenuhi kebutuhan akan aktualisasi diri tersebut dengan cara yang menyenangkan dan tentunya menghibur.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved