Management Trends zkumparan

RSPO dan ILO Edukasi Hak Tenaga Kerja Sektor Sawit

RSPO dan ILO Edukasi Hak Tenaga Kerja Sektor Sawit

Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), International Labour Organization (ILO), dan Christelijk Nationaal Vakverbond (CNV) International menyelenggarakan lokakarya dengan Jaringan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh Sawit Indonesia (JAPBUSI), untuk mengedukasi serta memperkuat strategi dan intervensi yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia dan Hak Tenaga Kerja di sektor minyak sawit.

Dihadiri oleh 9 Federasi Serikat Buruh Indonesia dan 4 Konfederasi, lokakarya ini mengakomodir kebutuhan RSPO dan pelaku industri untuk mendengarkan aspirasi dari pekerja kelapa sawit, serta mengedukasi dan memberdayakan para pekerja untuk lebih memahami hak-hak para pekerja di dalam pengembangan minyak sawit berkelanjutan.

Manajer Hak Asasi Manusia & Standar Sosial RSPO, Kamini Visvananthan, mengatakan, lokakarya seperti ini sangat berharga karena dapat membantu kami untuk lebih memahami tantangan dan peluang yang dihadapi oleh pekerja kelapa sawit di tingkat lokal di Indonesia. ‘Sesi ini juga memberi kami kesempatan untuk menyoroti perubahan penting yang terkait dengan perburuhan dan Hak Asasi Manusia dalam standar sertifikasi kami yang baru saja direvisi, yakni Prinsip dan Kriteria (P&C) RSPO 2018,” katanya.

Untuk memudahkan dalam memberikan gambaran terkait perubahan-perubahan utama kepada kelompok ini, RSPO mengaitkannya dengan beberapa masalah dengan studi kepatuhan tenaga kerja yang baru-baru ini dilakukan di Indonesia oleh Profundo, dan bagaimana hal ini dibahas dalam P&C 2018, termasuk implementasinya. Sekretaris Eksekutif JAPBUSI, Nursanna mengatakan bahwa inisiatif yang dilakukan hari ini sangat penting, untuk mendorong serikat pekerja dalam memahami Prinsip & Kriteria RSPO yang baru.

“Tentunya pemahaman ini dat digunakan sebagai acuan dalam bernegosiasi dengan perusahaan,” kata dia. Dalam beberapa bulan mendatang, Gugus Tugas Tenaga Kerja (Labour Taskforce) RSPO akan merilis dokumen panduan audit untuk membantu auditor dalam mengaudit kepatuhan terkait aspek tenaga kerja dalam proses audit mereka meiputi, panduan tentang Hak Anak untuk Perusahaan Minyak Sawit, dan dokumen panduan tentang penerapan Kehidupan yang Layak. Upah (Decent Living Wage), sejalan dengan langkah RSPO untuk menyediakan upah yang layak untuk semua pekerja di unit bersertifikasi RSPO.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved