Marketing Trends zkumparan

Amatil X Bantu Startup dan Wirausahawan Indonesia

Amatil X Bantu Startup dan Wirausahawan Indonesia
Amatil X mencari mitra startup di bidang on-demand delivery, optimisasi distribusi, analisa store dan kemasan yang ramah lingkungan.

Dalam upaya membantu proses akselerasi startup lokal dan membangun kapabilitas kewirausahaan karyawan, Coca-Cola Amatil meluncurkan corporate venture capital bernama Amatil X di Indonesia. Peluncuran ini menunjukkan peran penting dari Indonesia, khususnya Jakarta sebagai salah satu pusat ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dalam skala investasi dan jumlah start-up.

Di Indonesia, Amatil X resmi beroperasi pada April 2019 dengan proyek awal bersama Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) dan Digitaraya, sebuah penggerak program akselerator yang didukung oleh Google Developers Launchpad, untuk mendukung industri FMCG. Amatil X akan mulai mencari mitra start-up di Indonesia yang mampu membantu prioritas bisnis Coca-Cola Amatil di bidang on-demand delivery, optimisasi distribusi, analisa store dan kemasan yang ramah lingkungan.

Amatil Indonesia telah berinvestasi lebih dari US$ 1,6 miliar untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk dalam hal teknologi dan inisiatif pembangunan kapabilitas. “Dengan mendigitalisasi seluruh proses bisnis dan menyediakan berbagai program pelatihan terkini, kami ingin menjadi salah satu pemain terbaik untuk menggerakan ekosistem digital di Indonesia,” jelas Kadir Gunduz, Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia.

Kadir pun menambahkan, masuknya Amatil X di Indonesia merupakan sebuah momentum penting bagi perjalanan transformasi Amatil Indonesia, Amatil X bukan hanya tentang produk minuman atau bentuk kemasan terbaru. Amatil X tidak hanya meningkatkan keunggulan kompetitif melalui corporate venturing platform, tetapi program ini juga akan membantu mengidentifikasi dan bekerja sama dengan mitra start-up yang tepat untuk bisnis Amatil Indonesia.

Adapun beberapa ruang lingkup Amatil X Indonesia, diantaranya adalah Amatil X Academy yakni program internal untuk meningkatkan kapabilitas karyawan; Strategic Partnerships yakni kolaborasi dengan perusahaan akselerator lokal, Digitaraya, untuk membuka peluang kerja sama dengan ekosistem startup dan Scout yakni proses pencarian startup yang dapat membantu Amatil untuk menghadapi tantangan dan meningkatkan berbagai peluang untuk mengembangkan bisnis.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved