Listed Articles

ZTE-Indosat Uji Coba Teknologi LTE

ZTE-Indosat Uji Coba Teknologi LTE

ZTE Corporation, perusahaan publik global penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan, bekerjasama dengan PT. Indosat Tbk, mendemonstrasikan teknologi LTE dengan menampilkan video streaming dan game online, yang membutuhkan koneksi data berkecepatan tinggi dan stabil. Uji coba itu dilakukan di Lab Inovasi LTE milik Indosat – ITB Bandung.

LTE (Long Term Evolution) adalah generasi berikutnya dari jaringan mobile broadband. LTE secara dramatis dapat meningkatkan kapasitas dan kecepatan data, menyediakan kecepatan puncak downlink 100 Mbps dengan latency (hambatan dalam arus data) yang rendah. Menghadapi permintaan pasar yang semakin bertumbuh akan layanan data, teknologi LTE akan menyanggupkan pengiriman jumlah data yang lebih besar dengan kecepatan data yang lebih cepat dan waktu penundaan yang lebih pendek sehingga memberikan kepada pelanggan pengalaman layanan media berkecepatan tinggi yang lebih baik.

Dengan LTE, operator dapat memberikan beragam layanan mobile broadband da multimedia. Beratnya beban lalu lintas data tidak akan lagi menyebabkan koneksi menjadi lambat ataupun kehilangan koneksi. Pada demonstrasi LTE saat ini, ZTE dan Indosat menampilkan bagaimana kinerja LTE yang baru dapat memberikan pengalaman streaming dan gaming yang terbaik bagi pengguna. Demonstrasi ini juga menunjukkan bagaimana teknologi LTE yang baru ini dapat membantu baik individu dan usaha bisnis untuk memanfaatkan teknologin jaringan yang sudah ditingkatkan untuk membantu mereka mencapai tujuan online

Sebagai pemimpin dalam teknologi evolusi ini, ZTE dalam beberapa tahun terakhir juga telah mengembangkan teknologi-teknologi berdasar pada LTE, seperti stasiun basiskomersial LTE terkecil di dunia yang baru saja diluncurkan, dan juga telah membantu banyak operator telekomunikasi global. Di tahun 2011 ini, ZTE telah menandatangani 24 kontrak komersial LTE dengan operator dari seluruh dunia dan sudah mengembangkan 80 jaringan percobaan bersama dengan para mitra.

“Kami sangat senang bisa melakukan percobaan LTE hari ini dengan Indosat. Sebagai perusahaan terdepan untuk perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan, ZTE siap membantu operator-operator telekomunikasi Indonesia memasuki era baru komunikasi mobile broadband dengan membagikan pengetahuan, memberikan bimbingan serta konsultasi, ” kata Jacky Chen, Marketing Director ZTE Indonesia.

Pemerintah Indonesia kini menyiapkan peraturan dan kebijakan untuk pengembangan teknologi LTE. Sementara menunggu finalisasi peraturan LTE oleh pemerintah, Indosat dan ZTE telah membuat persiapan yang diperlukan untuk merangkul era broadband mobile yang baru. Indosat akan segera membuka Lab Inovasi Indosat di ITB. Bekerja sama dengan ZTE, laboratorium inovasi tersebut akan menyediakan teknologi LTE sehingga mahasiswa, dosen dan pengembang aplikasi dapat menggunakan laboratorium sebagai pusat belajar dan tempat untuk mengembangkan aplikasi berbasis teknologi LTE. Lab Inovasi Indosat saat ini masih dalam tahap pengembangan dan diharapkan untuk selesai pada bulan September.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved