Management Trends zkumparan

Kopi Kenangan Raih Suntikan Dana Rp288 Miliar

Kopi Kenangan Raih Suntikan Dana Rp288 Miliar
Kopi Kenangan

Peritel kopi “grab n go” Kopi Kenangan meraih suntikan dana sebesar US$20 juta (atau sekitar Rp288 miliar) dari Sequoia India.

Edward Tirtanata, Co-founder dan CEO Kopi Kenangan, mengatakan, Indonesia adalah pengekspor kopi terbesar keempat di dunia. Namun dengan konsumsi kopi per kapita terendah di kawasan ini karena tidak ada rantai usaha kopi yang besar dan terjangkau dengan cita rasa lokal.

“Misi kami adalah membawa kopi berkualitas tinggi, yang dibuat dengan bahan-bahan paling segar yang tersedia secara lokal, kepada konsumen di seluruh Indonesia dan jAsia Tenggara,” ujarnya.

Ia percaya bahwa perusahaan rintisan ini dapat melakukan terobosan signifikan di segmen F&B melalui penerapan model ‘new retail’, yang menggabungkan kenyamanan dan keragaman pilihan belanja online dengan ‘touch & feel’ dari pengalaman belanja offline.

Perusahaan ini sekarang fokus pada personalisasi dengan menempatkan aplikasi barunya sebagai ‘barista pribadi’ yang benar-benar tahu seberapa manis atau kental kopi yang diinginkan konsumen. Dengan mengoperasikan gerai kecil, Kopi Kenangan memotong biaya per cangkir sebesar 10% hingga 15%, dan perusahaan berencana untuk memanfaatkan teknologi internet of things (IoT) untuk mengelola inventaris dan mengurangi pemborosan, yang akan semakin memangkas biaya.

Sebelumnya Kopi Kenangan telah mendapat pendanaan institusional pertamanya sebesar US$ 8 juta pada Oktober 2018 dari Alpha JWC Ventures yang berbasis di Indonesia. Menurutnya, meskipun Kopi Kenangan kala itu tidak sedang aktif mencari investor, pendanaan ini bermula dari perbincangan para pendiri dengan Sequoia India pada bulan April dengan suguhan kopi andalannya, Es Kopi Kenangan Mantan.

Shailendra Singh, Managing Director Sequoia Capital, menyampaikan pihaknya terkesan dengan Kopi Kenangan yang senantiasa berfokus pada pengalaman pelanggan. Menurutnya hal tersebut merupakan kunci untuk membangun consumer brand yang berkelanjutan.

“Pemahaman mendalam tim tentang cita rasa lokal dan fokus dalam membangun pengalaman baru berbasis teknologi membuat mereka tampil beda,” tuturnya.

Kopi Kenangan kini memiliki 80 gerai di 8 kota dan melayani hampir satu juta cangkir pesanan kopi setiap bulannya. Kata Edward, dengan pendanaan baru, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat pertumbuhan dengan membuka 150 gerai baru sebelum akhir tahun.

Ia juga menargetkan membuka hingga 1.000 gerai di seluruh Indonesia pada 2021. “Kami juga berencana untuk melebarkan sayap ke Asia Tenggara,” terangnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved