Listed Articles

Leandro Tonidandel Kagumi Semangat Lebaran Indonesia

Leandro Tonidandel Kagumi Semangat Lebaran Indonesia

Leandro Tonidandel mengaku kagum dengan budaya lebaran di Indonesia, saat pertama kali menginjakkan kaki untuk memikul jabatan General Manager Lufthansa Indonesia. Karena itu, Tonidandel yang memegang jabatan yang sama di Korea Selatan sebelumnya, optimis bisa mengembangkan armada Lufthansa di Tanah Air.

“Saya datang ke Indonesia di bulan puasa. Sangat menakjubkan melihat bagaimana masyarakat saling berinteraksi di bulan ramadhan. Mereka tampaknya berpuasa dengan taat dan benar-benar merayakan lebaran dengan bahagia. Ini menunjukkan gambaran kepada saya mengenai budaya Indonesia. Menyenangkan sekali dapat merasakan kegembiraan seperti itu,” ujar Tonidandel sambil tertawa. Karenanya, ia melihat, penerimaan secara positif terhadap sesuatu yang menjadi budaya Indonesia, dapat dimanfaatkan oleh Lufthansa.

Pria kelahiran 197 di Sao Paolo ini memang bukan pertama kali menginjakkan kaki di Asia. Tonidandel yang menggantikan posisi Andrew Bunn yang kini menjadi General Manager Lufthansa di Hong Kong, sebelum muncul di Indonesia, menjabat sebagai General Manager di Korea Selatan. “Asia merupakan pasar yang menarik bagi Lufthansa yang saat ini, menjadi penyedia armada unggulan di Eropa. Kami melebarkan sayap ke Asia, khususnya Indonesia, karena kawasan tersebut memiliki perkembangan ekonomi yang menakjubkan. Inilah pasar potensial bagi Lufthansa. Apalagi, kami sudah punya pengalaman yang kuat di pasar Eropa.”

Sebagai General Manager Lufthansa Indonesia, Tonidandel sudah menyiapkan beberapa strategi untuk memenangkan hati konsumen Lufthansa yang didominasi pebisnis ini. “Industri di Indonesia berkembang pesat, begitu pula dengan manufakturing. Kami akan menggandeng lebih banyak segmen pasar seperti PR, marketing, asuransi, perbankan, telekomunikasi dan masih banyak lagi.”

Dengan memegang gelar sarjana Business Administration and International Marketing, Tonidandel memang bukan ‘orang baru’ di bisnis ini. Ia bergabung di Lufthansa sebagai agen pelayanan konsumen di 1991. Empat tahun setelahnya, Tonidandel menjabat sebagai Key Account Manager lalu Project Manager untuk Lufthansa.com, situs yang diluncurkan di Brazil. “Saya sangat suka bekerja keras dan memenuhi target yang menjadi tanggung jawab saya. Kepuasan yang diperoleh saat berhasil menyelesaikan hal tersebut membuat saya berhasil mencapai posisi sekarang,” ujar pria yang gemar bermain golf ini.

Keluarga, dinilai Tonidandel, menjadi unsur penting keberhasilannya saat ini. Ayah dua orang anak ini gemar menghabiskan waktu bersama keluarga, apalagi sang istri menyukai dunia fotografi sehingga Tonidandel dan keluarga sering wisata alam.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved