Gandeng Pengusaha Otobus Untuk Sosialisasi Fitur Baru
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan fitur baru pada produknya dengan mengajak para pengusaha otobus (PO) di Jawa Barat untuk uji jalan Hino Bus RN 285, FC Bus dan Microbus 110SDBL. Lebih dari 70 PO yang bergerak di bidang transportasi maupun pariwisata mengikuti acara tersebut.
Dalam keterangan persnya, Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI mengatakan, Hino ingin memberikan nilai lebih kepada pengusaha otobus dengan fitur dan perkembangan produk yang terkini agar bisa merasakan benefit dengan menggunakan Hino. “Kami ingin memberikan nilai lebih bagi pengusaha bus, sehingga para customer dapat memaksimalkan keuntungan untuk kemajuan bisnis mereka sekaligus meminimalkan biaya operasional,” ujarnya (18/9/2019).
Dua dealer Hino di Jawa Barat yakni PT Indosentosa Trada (IST) dan PT Maya Graha Indah (MGI) diajak bekerja sama untuk acara tersebut. Rute yang ditempuh pada acara ini adalah dari Hotel Holiday Inn Pasteur menuju kawasan Lembang.
Pada Bus Hino FC, diperkenalkan penggunakan ban dan pelek baru 9,5 dan Ring 17,5 lebih besar ketimbang sebelumnya yakni ban dan pelek ukuran 8,25& dan R16.Ban dan pelek baru tersebut untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Sedangkan pada Microbus 110 SDBL, perubahan tampak pada bodi kendaraan yang lebih besar guna menambah kenyamanan bagi penumpang karena jarak antar tempat duduk dapat diatur lebih luas sehingga penumpang tidak mudah lelah selama perjalanan. Dimensi rangka lebih panjang membuat kapasitas penumpang menjadi lebih banyak hingga 19 tempat duduk.
Dengan rangkanya yang panjang membuat karoseri dapat mendesain bodi bus dengan bagasi yang lebih luas. Bodi yang luas diklaim menjadi solusi untuk travel atau pariwisata dalam mengangkut barang–barang wisatawan yang banyak, di mana kapasitas bagasi dapat diisi sampai 21 koper yang berukuran sesuai dengan yang diperbolehkan dalam kabin pesawat.
Hino memperkenalkan transmisi baru pada Bus RN 285 yakni tipe ZF6S1010B0 over drive yang diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar. Hino Bus RN 285 juga memiliki retarder transmission yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman bagi penumpang dan juga pengemudi. Keuntungan lainnya dengan penggunaan retarder ini mengurangi lelah pengemudi karena frekuensi mengijak pedal rem yang berkurang sehingga berdampak juga terhadap penghematan penggunaan kanvas rem untuk menghemat biaya operasional pengusaha bus.
Bus RN dan RK260 merupakan salah satu bus andalan di jalur Trans Jawa.
Editor: Eva Martha Rahayu
www.swa.co.id