Technology Trends

Berkat GoPay, Gojek Masuk Fortune’s “Change the World” 2019

Oleh Editor
Berkat GoPay, Gojek Masuk Fortune’s “Change the World” 2019
Gopay Ilustrasi
Ilustrasi GoPay (Istimewa)

Perusahaan teknologi penyedia layanan on-demand, Gojek Indonesia, kembali masuk dalam daftar tahunan perusahaan yang dinilai berhasil mengubah dunia versi majalah Fortune, atau Fortune’s “Change the World” 2019. Penghargaan ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja baik karena melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Kami bangga dapat kembali menerima penghargaan atas perwujudan visi misi Gojek untuk memecahkan permasalahan sehari-hari dan memberdayakan banyak orang dengan menggunakan teknologi,” kata CEO Gojek Indonesia, Nadiem Makarim, dalam keterangan di Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019.

Dalam penghargaan ini, Gojek masuk Fortune’s “Change the World” 2019 melalui inovasi GoPay yang dinilai telah mentransformasi percepatan inklusi finansial dan ekonomi digital di Indonesia. Gojek menempati peringkat ke-11 dari total 52 organisasi internasional yang masuk dalam daftar tersebut, melompat dari peringkat ke-17 di tahun 2017.

Penghargaan berskala global ini menyoroti peranan GoPay sebagai platform pembayaran digital Gojek yang telah berhasil mendorong perekonomian digital Indonesia. GoPay memperluas akses finansial bagi jutaan masyarakat Indonesia yang 64 persen populasinya belum terjangkau produk perbankan (unbanked).

Dikutip dari keterangan resmi Fortune, pada 2018, total pembelian produk dan jasa yang menggunakan GoPay mencapai lebih dari US$ 6 miliar dolar. Di samping itu, GoPay juga memberikan bantuan serta fasilitas pinjaman bagi sekitar 130.000 pengusaha mikro. “Di Gojek, segala sesuatu yang kami lakukan adalah untuk mengatasi tantangan sehari-hari,” kata Nadiem.

CEO GoPay Aldi Haryopratomo juga mengungkapkan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan kepada GoPay. Sejak 2016, GoPay pun telah berkembang pesat. Dari semula yang hanya cara mudah dan aman bagi mitra pengemudi untuk menerima pembayaran, menjadi jembatan bagi pengemudi untuk mengakses KPR subsidi, tabungan pendidikan, asuransi kesehatan bahkan tabungan Umroh.

Saat ini, kata Aldi, Gopay tetap menjadi pembayaran digital terbesar di Indonesia, di mana 90 persen dari rekan usaha merupakan pedagang kecil. Namun, kata Aldi, GoPay tidak hanya mengukur kesuksesan berdasarkan jumlah transaksi. “Tapi bagaimana kami dapat menciptakan dampak grassroot tersebut di tingkat dunia.”

Sumber: Tempo.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved