Listed Articles

Inilah 4 Trik Sukses Memulai Bisnis

Inilah 4 Trik Sukses Memulai Bisnis

Dengan GDP (Gross Domestic Product) 6,5%, Indonesia dinilai sebagai negara yang potensial untuk memulai bisnis. Apalagi, seiring dengan ekonomi Eropa dan Amerika Serikat yang stagnan, banyak investor yang mulai melirik wirausahawan-wirausahawan di negara berkembang.

Berdasarkan data Manta, komunitas online terbesar di dunia dalam mempromosikan dan menghubungkan pebisnis muda, menyebutkan bahwa 500.075 bisnis baru muncul di kuartal kedua 2011. Ini mengalami peningkatan 27% dibandingkan kuartal pertama 2011. Karena itu, menurut Tory Johnson, pendiri Spark & Hustle serta Women for Hire, ada tujuh langkah yang harus dilakukan seseorang jika ingin memulai bisnis.

Pertama, Anda harus memahami alasan mengapa Anda ingin memulai bisnis. Melupakan ritme kerja yang teratur dan menumpahkan beban masa depan sepenuhnya ke pundak Anda memang terkesan menakutkan. Karena itu, jangan pernah memulai bisnis karena Anda tidak punya pilihan lagi. Jika Anda benar-benar tertarik untuk masuk ke dunia wirausaha, Anda harus memahami alasan memulai bisnis itu dan risiko seperti apa yang mungkin dihadapi.

Kedua, tentukan jenis bisnis. Anda tidak bisa menyerahkan bisnis tersebut sesuai ‘arah angin’. Hal terbaik adalah memulai sesuatu berdasarkan kepribadian ataupun minat. Jika Anda melihat sekeliling, sebenarnya, tidak ada yang benar-benar baru dalam ide berbisnis. Ada banyak restoran yang menyediakan menu yang sama. Ada banyak bengkel yang menyediakan layanan yang sama. Jika Anda ingin sukses, Anda harus menonjolkan ciri khas Anda. Sebagai catatan, memulai bisnis jasa (layanan berdasarkan kemampuan khusus Anda, salon misalnya) jauh lebih murah dibandingkan bisnis produk.

Ketiga, tentukan rencana bisnis sederhana. Sebagian besar calon wirausahawan berpikir soal rencana bisnis jangka panjang dan terperinci. Ada banyak asumsi ‘liar’ terkait uang yang akan diperoleh dalam kurun lima tahun, perhiasan yang mungkin dibeli, keuntungan berlipat ganda dan sebagainya. Seharusnya, calon pebisnis memulai rencana-rencana sederhana seperti apa saja yang Anda tawarkan, siapa saja calon konsumen Anda, berapa harga yang Anda berikan dan bagaimana cara Anda mendapatkan apa yang diinginkan.

Keempat, tentukan target spesifik. Anda harus menentukan dengan tepat siapa calon pelanggan. Jika Anda memproduksi krim pemutih kulit, jangan menyebutkan ‘semua perempuan’ atau ‘siapapun yang memiliki masalah kulit’. Anda harus menyebutkan secara spesifik, apakah perempuan yang rajin mengunjungi dokter kulit setiap bulan untuk facial atau perempuan yang tidak terlalu ribet dengan obat kulit? Semakin fokus Anda menentukan target konsumen maka semakin mudah Anda menentukan program pemasaran untuk menjangkau konsumen.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved