Listed Articles

Gaya Leadership Membesarkan Fonterra di Indonesia

Gaya Leadership Membesarkan Fonterra di Indonesia

Perusahaan yang tumbuh besar adalah perusahaan yang menerapkan gaya kepemimpinan yang mengutamakan arah yang jelas (clear direction), penyelarasan dan sinergi fungsi-fungsi organisasi (alignment), tim yang kuat dan solid, serta employee engagement di mana karyawan dengan semangat memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan. Pernyataan tersebut dilontarkan Yon Handoyo, Chief Executive Officer (CEO) Fonterra Brands Indonesia, saat menjadi pembicara bertema kepemimpinan di hadapan mahasiswa Binus Business School.

Yon mengatakan, selama beroperasi di Indonesia Fonterra telah berkembang cukup pesat dan selalu tumbuh di atas rata-rata industri. Key driver dari pertumbuhan bisnis mencakup inovasi produk berkesinambungan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, investasi pada brand & people, serta excellent execution.”Fonterra bisa mencapai titik ini karena kami memiliki leadership style yang kuat,” ujar Yon bangga.

Ia menilai, persaingan yang semakin luas dan ketat menuntut individu-individu untuk terus berkembang dan meningkatkan kemampuan mereka demi bertahan di era globalisasi. Pertumbuhan sebuah perusahaan tidak terlepas dari gaya kepemimpinan CEO-nya, baik dalam membentuk budaya perusahaan, mengantisipasi perubahan, menggiatkan inovasi dan memaksimalkan sumber dayanya. “Melalui tangan dingin CEO sebuah perusahaan dapat menempati posisi teratas dalam bisnis bahkan dapat dikenal di kancah internasional,” terangnya.

Sebelum bergabung dengan Fonterra Brands Indonesia, Yon sempat menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Marketing, Bank Internasional Indonesia (BII). Yon menjabat sebagai CEO sejak April 2007 setelah menempuh karier sebagai Direktur Marketing di perusahaan yang sama selama 6 bulan.

Tak bisa dimungkiri, pertumbuhan Fonterra tidak terlepas dari pengaruh kepimpinannya. Sebagai sumber daya lokal pertama yang dipercaya untuk memimpin perusahaan multinasional Fonterra, Yon telah berpengalaman di bidang industri consumer goods lebih dari 20 tahun dengan track record yang sangat baik di beberapa perusahaan multinasional di Indonesia.

Fonterra Brands Indonesia, perusahaan berbasis susu yang berpusat di New Zealand telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1996. Sebagai salah satu produsen susu terbesar di dunia, Fonterra berinovasi untuk memenuhi gizi masyakarat Indonesia. Lewat merek-merek andalannya, yaitu Anlene, Anmum, Boneeto, dan Anchor, Fonterra Brands Indonesia telah memberikan kontribusi pertumbuhan yang cukup signifikan di industri susu Indonesia.

“Melalui kegiatan ini saya harap para mahasiswa, alumni dan masyarakat luas dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk membangun karakter mereka dalam menghadapi persaingan global serta memberikan motivasi peningkatan kemampuan diri untuk menjadi calon pemimpin yang berkarakter dan berkualitas di masa depan ,” imbuh Yon. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved