Listed Articles

Volkswagen Bikin Mobil Listrik di Cina

Volkswagen Bikin Mobil Listrik di Cina

Volkswagen AG (VW), produsen mobil terbesar di Cina, berencana menciptakan kendaraan berenergi listrik di Cina pada 2013. Keputusan ini untuk memenuhi permintaan masyarakat atas kendaraan minim polusi. VW mungkin menciptakan dua model mobil listrik melalui kemitraan dengan beberapa perusahaan Cina.

Pernyataan tersebut diungkapkan CEO sekaligus presiden perusahaan yang berbasis di Wolfsburg, Jerman, Volkswagen AG. Model kendaraan itu diperkirakan mampu berkendara 100 kilometer hingga 200 kilometer. Pemerintah di Cina dan Eropa tampaknya mulai lebih realistis dengan menganggap mobil listrik mampu lebih cepat menggantikan mesin pembakaran internal, kata Neumann.

Volkswagen mengandalkan Cina untuk membantu mereka bersaing dengan General Motors Co dan Toyoto Motor Corp sebagai produsen mobil terbesar di dunia pada 2018. VW menggelontorkan 10,6 miliar euro (US$ 14 miliar) hingga 2015 untuk memperluas kapitalisasi di Cina. Untuk pertama kali dalam tiga dekade, VW mendorong, secara besar-besaran, peningkatan penjualan di pasar negara berkembang.

Neumann juga menegaskan bahwa VW berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi dua kali lipat pada 2015. Produsen sedan Jetta dan Tiguan SUV itu berhasil menjual 1,89 juta kendaraan di 10 bulan pertama. Ini setara dengan peningkatan penjualan 15% dibandingkan awal tahun.

Permintaan total otomotif di Cina mungkin tumbuh kurang dari 2% di tahun ini. Sementara itu, permintaan passenger-car naik 9,4%. Neumann menegaskan bahwa VW sangat optimis dalam jangka menengah atas permintaan mobil mengingat tingkat kepemilikan mobil di negara itu masih rendah.

Asosiasi Produsen Otomotif Cina memproyeksikan penjualan mobil di negara tersebut tumbuh sekitar 5% di 2011, melambat dari peningkatan 32% di 2010. Penghapusan insentif pembelian dari pemerintah tampaknya ‘melukai’ jumlah permintaan. VW memproduksi mobil dan kendaraan sport di Cina melalui kerja sama dengan SAIC Motor Corp dan China FAW Group Corp. dua kemitraan itu masing-masing menciptakan prototipe electric vehicles yang akan diuji coba tahun depan. VW menargetkan keberadaan 10 ribu mobil listrik di Cina pada 2018.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved