Listed Articles

Apple Menangkan Perang Paten Melawan HTC

Apple Menangkan Perang Paten Melawan HTC

Meski memanfaatkan paten dari S3 Graphics Co yang dibeli dengan harga US$ 300 juta, HTC gagal memenangkan tuntutan pelanggaran paten yang diajukan kepada Apple Inc. Komisi Perdagangan AS menyatakan bahwa Apple tidak melanggar hak paten yang dimiliki S3 Graphic.

Karena itu, pemerintah menolak permintaan HTC untuk membatasi impor beberapa produk komputer Mac, iPhone dan iPad. Sayangnya, komisi tersebut menolak memberikan alasan spesifik. HTC yang menjual sebagian besar smartphone di Amerika Serikat pada kuartal ketiga, membei S3 Graphics yang berbasis di California beberapa hari setelah pengajuan kasus di Juli lalu. S3 Graphics merupakan perusahaan yang sebagian dimiliki oleh Chairwoman HTC, Cher Wang.

Meskipun begitu, S3 Graphics masih memiliki beberapa kasus melawan Apple yang tertunda, terkait dengan empat paten. HTC juga tersangkut kasus paten terkait sistem operasi Android milik Google Inc. “Kami memang kecewa namun menghormati keputusan Komisi Perdagangan AS,” ujar General Counsel HTC, Grace Lel. “Karena hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan, kami akan meninjau kembali keputusan itu dan mempertimbangkan semua pilihan, termasuk mengajukan banding.”

Jaksa Pengadilan AS, James Gildea, pada 1 Juli, menemukan bahwa beberapa produk Mac melanggar dua paten S3 Graphics yang berhubungan dengan chip grafik. Selanjutnya, enam anggota komisi meninjau semua keputusan, termasuk efek dari perjanjian Apple dengan Intel Corp dan Nvidia Corp. “Kemenangan Apple menjadi pukulan pertama dalam jangkauan yang luas atas perang paten melawan HTC,” kata Mike Abramsku, analis RBS Capital Market kepada Bloomberg.

HTC dan Apple merupakan beberapa nama produsen smartphone yang berada di jejak kasus paten yang sama dengan Samsung Electronics Co dan Motorola Mobility Holdings Inc. Berbagai perusahaan memanfaatkan paten untuk bersaing di pasar smartphone yang bernilai US$ 206,6 miliar di 2011, berdasarkan data IHS Inc.

Apple mengincar produsen komputer tablet dan smartphone yang memanfaatkan sistem operasi Android milik Google. Apple yang masih memiliki dua kasus paten melawan HTC berencana untuk memblokir impor ponsel HTC yang menggunakan Android. Berdasarkan data Gartner, penjualan smartphone naik 42% di kuartal ketiga 2011.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved