Business Research Trends zkumparan

Zap Beauty Index Jadi Acuan Industri Kecantikan

Konferensi pers ZAP Beauty Index 2020. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Klinik perawatan dan kecantikan, Zap Clinic untuk kali kedua merilis hasil survei mengenai industri kecantikan di Indonesia dalam Zap Beauty Index 2020. Berkolaborasi dengan MarkPlus, survei ini menggunakan metode online survey kepada 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019. Lebih komprehensif dibanding survei sebelumnya, survei ini mencakup potret dari perilaku tiga generasi berbeda di dunia kecantikan, yakni Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun).

Menurut Fadly Shahab, pemilik dan CEO Zap Clinic, survei ini bertujuan untuk mengupas lebih banyak fakta-fakta menarik terhadap journey dan perilaku konsumen perempuan Indonesia di dunia kencantikan. “Hal ini sekaligus bentuk kontribusi kami terhadap industri kecantikan dengan menyajikan data-data yang dapat menjadi acuan, sebab saat ini masih sedikit riset yang khusus di sektor kecantikan. Hasil riset ini juga menentukan arah perkembangan bisnis ke depan dalam membidik segmen konsumen,” ujar Fadly dalam konferensi pers ZAP Beauty Index 2019, di Jakarta, (21/1/2020).

Zap Beauty Index 2020 membagi potret industri kecantikan ke dalam tiga segmen, yakni Let’s Talk about Beauty, Beauty Beyond Words, dan Beauty in Action. Let’s Talk about Beauty merangkum deretan fakta mengenai pengalaman para responden dalam melakukan berbagai perawatan kecantikan. Mulai dari, kapan pertama kali mereka mengenal berbagai produk dan klinik kecantikan, apa jenis perawatan yang dilakukan, hingga berapa biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan kecantikan.

Hasilnya, survei ini menunjukkan, hampir seluruh perempuan Indonesia (45,4%) menggunakan skincare sebelum usia 19 tahun. Dan, satu dari empat perempuan Indonesia melakukan treatment di klinik kecantikan sebelum berusia 19 tahun. Yang menarik, Gen Z menggunakan hampir seluruh pendapatan mereka untuk perawatan kecantikan. Sementara, Gen Y hanya menggunakan 30%, dan Gen X justru kurang dari 5%.

Zap Beauty Index 2020 juga memotret definisi ‘cantik’ di mata perempuan Indonesia yang dijelaskan dalam segmen Beauty Beyond Words. Jika ZAP Beauty Index sebelumnya menemukan 40,9% perempuan mendefinisikan cantik adalah bertubuh sehat dan bugar (fit), definisi ini mulai bergeser pada tahun ini. Sebesar 46,7% responden mendelinisikan ‘cantik’ berarti memperindah penampilan secara keseluruhan atau biasa disebut dengan weIl-dressed. Namun yang pasti, memiliki kulit cerah atau glowing masih menjadi definisi cantik secara umun di mata sebagian besar perempuan Indonesia (82,5%).

Ekspektasi sosial soal standar kecantikan kerap memunculkan fenomena body shaming. Faktanya, lebih dari separuh perempuan Indonesia (62,2%) mengaku pernah menjadi korban body shaming. Fun facts lain yang ditemukan dalam survei ini adalah sudah ada perempuan lndonesia yang mulai mempertimbangkan menggunakan produk kecantikan dengan fungsi anti-aging mulai dari usia 13 tahun.

Di segmen Beauty in Action, terdapat enam produk skincare wajib yang digunakan perempuan Indonesia setiap hari, meliputi facial wash, moisturizer, toner, serum, essence, dan eye cream. Facial wash atau pembersih wajah memiliki peminat paling banyak sebesar (92,4%) sebagai skincare yang wajib digunakan.

Dalam mencaci informasi dan memperbanyak referensi, perempuan lndonesia memilih lnstagram (77,2%), Youtube (55,9%), dan beauty blogger (42,3%) sebagai sumber referensi utama. Sedangkan Gen X cenderung mengkombinasikan informasi online dan offline, seperti melalui lnstagram (53,296) dan teman (38.4%). Berbicara tentang perawatan kecantikan, mayoritas perempuan hdonesia lebih sering mengunjungi klinik kecantikan (76,05) dibandingkan pergi mengunjungi salon (39,7%). Perbandingan tersebut mencapai hingga dua kali lipat.

Untuk diketahui, saat ini outlet Zap memiliki 29 outlet yang menyasar mass market, 16 outlet Zap Premiere untuk segmen high-end, dan 1 outlet Menology by Zap yakni klinik perawatan khusus pria. Tahun 2020 Zap akan membuka outlet-outlet barunya di seluruh wilayah Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved