Technology Trends

Kolaborasi MRT dan Moka Dukung UKM Naik Kelas

Bayu Ramadhan VP Brand & Marketing Moka dan Muhamad Kamaludin Corporate Secretary MRT Jakarta

PT MRT Jakarta menggandeng Moka terkait penyediaan Iayanan point of sale (POS) untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjajakan produknya di area stasiun MRT Jakarta. Moka terpilih sebagai rekan POS resmi mengungguli sistem kasir digital lainnya setelah melalui proses seleksi yang diadakan secara resmi oleh MRT Jakarta.

Muhammad Kamaludin, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, menyampaikan, kerja sama yang terjalin antara MRT Jakarta dan Moka ini didasari pada benang merah bahwa kedua lembaga mengedepankan teknologi dan kecepatan, di mana Moka memberikan kemudahan dalam berbisnis berbentuk aplikasi sistem kasir dan MRT yang menjadi solusi transportasi baru.

“Moka terpilih melalui proses lelang, sebab dari sisi teknis maupun biaya sudah paling baik. Kami juga melihat ada value yang sama yaitu mengedepankan teknologi dan kecepatan untuk pelayanan kepada penumpang,” ujarnya di Jakarta, Rabu (26/06/2020).

Sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani kedua belah pihak pada September 2019 Ialu, Moka berperan untuk menyediakan fasilitas Iayanan berupa hardware, software sekaligus pelatihan khusus bagi para merchant untuk penggunaan sistem kasir digital. Kini Moka sudah menyediakan layanannya ke 14 UKM binaan MRT yang tersebar di tiga stasiun yakni Stasiun Lebak Bulus Grab, Stasiun Fatmawati, dan Stasiun Dukuh Atas BNI. Moka juga sudah menggandeng dua entitas enterprise yakni Bakmi GM dan Kaizen.

“Telah menjadi visi kami untuk selalu memberikan solusi bagi para pelaku usaha, mulai dari UKM sampai dengan skala perusahaan besar (enterprise). Kini, semua UKM yang berjualan di stasiun MRT Jakarta sudah menggunakan Iayanan POS dari Moka, sedangkan untuk enterprise masih dalam tahap integrasi melalui salah satu produk kami yaitu Moka Connect,” ujar Bayu Ramadhan, VP Brand & Marketing Moka.

Dengan menggunakan Moka, kata Bayu, UKM dapat mengetahui laporan digital lengkap mulai dari produk yang terjual paling laku serta waktu terpopuler dalam transaksi. Dalam waktu aktif tiga bulan terakhir, Moka mencatat transaksi di seluruh UKM stasiun MRT Jakarta hingga lebih dari 6.000 transaksi dengan nilai rata-rata transaksi lebih dari Rp 251 juta setiap bulannya.

Kebanyakan transaksi untuk seluruh produk terdapat di hari kerja pada kisaran waktu 07.00-09.00 pagi dan 17.00-19.00 sore dengan produk favorit berupa kudapan ringan. Transaksi mobile payment juga berkontribusi hingga 26% dari total transaksi.

“Moka bertujuan untuk memberikan tiga manfaat utama dari kemitraan ini. Pertama, mendukung transformasi digital UKM dengan sistem kasir digital. Kedua, memberikan ruang bepergian yang nyaman bagi para penumpang MRT dengan pelayanan UKM yang efisien, serta ketiga, memfasilitasi MRT Jakarta dengan sistem terintegrasi agar dapat optimal dalam menarik merchant kredibel,” tambah Bayu.

Perpaduan Moka dan MRT Jakarta, dinilai Bayu, memberikan kemudahan para pengunjung dan juga UKM untuk melakukan aktivitas yang lebih progresif karena dapat bertransaksi dengan lebih cepat dan efisien melalui teknologi.

Misalnya saja, penerimaan pembayaran dengan metode QR code dari berbagai mobile payment dapat mempersingkat waktu antrian dan mempercepat proses transaksi. Selain itu, UKM dapat dengan mudah menerima transaksi pembayaran digital dan memanfaatkan diskon nasional dari berbagai penyedia mobile payment yang telah terintegrasi dengan Moka.

Adapun UKM yang menempati stasiun MRT ini sebelumnya sudah dilakukan melalui proses kurasi oleh tim ahli dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI. Kamal menyebut, ke depan akan ada dua UKM lagi yang menempati Stasiun Fatmawati.

“Tidak hanya meningkatkan revenue dari ritel reguler, kami juga ingin meningkatkan ekonomi brand-brand baru dengan dimunculkan di stasiun MRT. Dengan platform Moka, kami juga bisa terus memantau revenue dari UKM sehingga bisa dievaluasi dan diberikan pelatihan yang sesuai,” tutur Kamal.

Adanya kolaborasi bersama Moka, dinilai Kamal, sangat membantu menambah pengalaman mobilitas masyarakat selama menggunakan layanan MRT Jakarta, baik dalam menunjang kebutuhan mobilitas mereka maupun pengalaman transaksi di setiap gerai UKM yang tersedia.

“Selain jadi moda transportasi, kami juga ingin menjadikan stasiun sebagai ruang ketiga. Untuk berbelanja atau melakukan rutinitas lain. Adanya Moka ini sangat mendukung sehingga ketika berbelanja di stasiun bisa berjalan dengan cepat, tidak mengganggu penumpang, dan penumpang merasa terlayani dengan baik,” ujar Kamal.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved