Management Trends zkumparan

TaniHub Lakukan TaniHack Vol 1

Grup TaniHub menggelar TaniHack Vol. 1 yang merupakan kompetisi nasional untuk mencari karya visual guna kebutuhan Packing and Processing Center (PPC). Lomba ide atau gagasan desain layout untuk PPC, atau yang lebih populer disebut packing house ini dibuka untuk kalangan mahasiswa dan umum sejak bulan Januari 2020 lalu.

Sariyo, Direktur TaniSupply, mengatakan, TaniHub membuka peluang bagi masyarakat, bahkan di luar bidang pertanian untuk memberikan ide layout packing house. “Kegiatan ini sesuai dengan visu kami yakni Agriculture for Everyone,” kata dia.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengasah keahliannya dalam bidang desain visual dan arsitektur secara tidak langsung telah membantu pertanian Indonesia karena proses pascapanen yang dilalui petani dapat lebih efisien.

“Kami memilih 5 finalis dari 167 pendaftar. Ke-5 finalis tersebut adalah Ronald Julion Suryadi (Bandung), Priyatna Dwinanda Pribadi (Denpasar), Dwi Aji Setiawan (Gresik), Adi Jafar (Purwakarta), dan Khairunisa Widya Kusuma (Sidoarjo),” kata dia.

Di sela-sela presentasi para finalis, TaniHub juga menggelar TaniTalks yang merupakan sebuah forum edukatif berbentuk talkshow atau workshop untuk membahas isu-isu seputar dunia pertanian, yang selalu berhubungan dengan bidang lainnya.

Lewat TaniTalks, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami peran teknologi dalam menjaga kualitas hasil panen, memahami hubungan antara pengelolaan pascapanen dengan harga pasar pada produk pertanian, dan membuka ruang kolaborasi berbagai pegiat untuk memajukan bidang pertanian.

“Penanganan pascapanen yang tepat dapat meningkatkan mutu, daya tahan, dan daya simpan produk hortikultura, dari proses pengangkutan hingga produk tersebut terjual. Sederhananya, dengan penanganan pascapanen yang tepat, value chain akan meningkat”, ujar Production Manager TaniSupply dan Co-Founder TaniHub, Michael Jovan Sugianto.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved