Trends Economic Issues zkumparan

Menperin Minta Awal Mei Industri Dalam Negeri Produksi 18 Ribu APD per Hari

Kemenperin, BNPB, dan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) sudah menguji kelayakan bahan baku APD. Hal ini disampaikan pada keterangan tertulis oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita Rabu (22/4/2020).

“Sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kami melakukan layanan pengujian material untuk APD sehingga dapat mendukung industri dalam negeri menghasilkan produk-produk sesuai standar WHO. Apalagi, saat ini APD dibutuhkan dalam jumlah yang sangat banyak terutama oleh para tenaga medis,” ungkapnya.

Standar mutu APD yang diarahkan oleh BNPB mengacu pada standar American National Standard Institute (ANSI) / Association for the Advancement of Medical Instrumentation (AMMI) PB70:2012.

Salah satu parameter uji yang dipersyaratkan adalah pengukuran terhadap resistensi kain terhadap penetrasi cairan (water impact) menggunakan metode uji American Association of Textile Chemists and Colorists Testing Method (AATCC-TM) 42:2017. Metode ini adalah untuk mengukur ketahanan kain terhadap penetrasi air, untuk lingkup kain yang sudah ataupun belum diberikan zat penyempurnaan khusus seperti water repellent.

Layanan pengujian oleh BBT di Bandung telah dilakukan sejak 8 April 2020. Hingga Jumat (17/4), tercatat sebanyak 175 perusahaan dengan total sampel uji yang diproses Laboratorium Pengujian BBT sebanyak 464 sampel uji. Diharapkan pada awal Mei industri dalam negeri sudah dapat memproduksi 18 ribu APD per hari. “Sample uji yang diterima BBT berupa kain maupun garmen APD dengan jenis bahan bervariasi, yakni mencakup bahan non-woven (nirtenun), woven (tenun), dan knitted (rajut),” sebut Agus.

Selain memproduksi APD, Industri tekstil saat ini juga sedang memproduksi masker. Terdapat 34 perusahaan indsutri tekstil yang saat ini memproduksi masker baik yang merupakan medical grade maupun yang berbahan kain (washable). Kemenperin berharap, sebanyak 50 juta masker dapat diproduksi per minggunya dengan rincian 20 juta masker berstandar medis dan 30 juta masker berbahan baku kain. Sehingga dalam satu bulan nantinya industri dapat memproduksi sebanyak 200 juta masker.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved