Economic Issues

Pemerintah Beri Bantuan Tunai Rp 600 Ribu ke 2,4 Juta Petani Miskin

Ilustrasi BLTwarga miskin (Foto: m.sinarpaginews.com)
Ilustrasi BLT warga miskin (Foto: m.sinarpaginews.com)

Pemerintah memutuskan akan memberikan bantuan langsung tunai atau BLT sebesar Rp 600.000/bulan bagi 2,44 juta petani yang tercatat masuk dalam kategori miskin.

Keputusan ini diambil dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo dengan topik pembahasan lanjutan antisipasi kebutuhan pokok, Selasa, 28 April 2020.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengatakan, bantuan langsung tunai tersebut diberikan sebagai insentif bagi para petani agar tetap bisa menanam di periode berikutnya.

“BLT sebesar Rp600 ribu ini, sebanyak Rp300 ribu merupakan bantuan tunai dan Rp300 ribu sarana prasarana produksi pertanian,” ujar Airlangga via telekonferensi usai menggelar rapat dengan presiden, Selasa, 28 April 2020.

Airlangga mengatakan, insentif bagi para petani ini akan diberikan selama periode tiga bulan. “Dan teknisnya nanti akan segera diumumkan oleh Kementerian Pertanian,” ujar bekas Menteri Perindustrian ini.

Presiden Jokowi sebelumnya meminta jajarannya memastikan bahwa program stimulus ekonomi menjangkau para petani.

“Pastikan program stimulus ekonomi benar-benar menjangkau yang berkaitan dengan produksi beras kita, artinya menjangkau petani kita,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas lanjutan pembahasan antisipasi kebutuhan pokok via telekonferensi dari Istana Bogor, Selasa, 28 April 2020.

Presiden meminta jajarannya agar menjaga terus produksi pangan untuk memasok kebutuhan domestik. Dia ingin agar produksi pangan tetap berjalan normal. “Pastikan petani tetap berproduksi,” ujarnya

Sumber: Tempo.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved