zkumparan Covid 19

Tes COVID-19 ManyOption Deteksi Penyebaran Infeksi Corona

Di masa pandemi virus COVID-19 ini, sejumlah negara seperti Korea Selatan dan Islandia sukses melakukan penekanan jumlah pasien yang terinfeksi COVID-19. Adapun salah satu langkah yang signifikan yang dilakukan di kedua negara tersebut adalah dengan melakukan pengetesan cepat (rapid test) yang masif, kepada warganya. Dengan pengetesan cepat nan masif maka penanganan cepat dan tepat dapat diberikan kepada mereka yang terinfeksi maupun mereka yang diduga rentan terinfeksi lantaran pernah berhubungan langsung dengan pasien positif COVID-19.

Karena itu, berangkat dari rasa kepedulian untuk turut melakukan pencegahan peningkatan infeksi COVID-19 di Indonesia, ManyOption sebagai aplikasi smart living untuk penghuni dan pengelola apartemen, memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk bisa mendapatkan layanan deteksi COVID-19. “ManyOption bekerja sama dengan salah satu penyedia layanan kesehatan di Indonesia untuk memberikan layanan deteksi COVID-19 berupa Rapid Test, Swab Test, dan suntik vitamin C. “Tes ini untuk penghuni apartemen dan publik bisa memesannya melalui aplikasi ManyOption,” urai Arif Susilo, Chief Executive Officer ManyOption.

Arif melanjutkan, untuk memesan layanan tersebut sangatlah mudah. Yaitu, dengan mengunduh aplikasi ManyOption melalui Google Play Store di Android kemudian memilih fitur COVID-19 Test. Setelahnya, pengguna dapat memilih layanan berupa Rapid Test, SWAB Test, maupun Suntik Vitamin C. “Berikutnya pengguna tinggal mengklik Informasi dan Pemesanan, dan selanjutnya akan langsung dihubungkan ke WhatsApp layanan pemesanan,” ujar Arif.

Marketing Communications Manager ManyOption, Riri Anggraheni Eka Rimandasari menambahkan sejumlah perbedaan layanan tes Covid-19 tersebut. “Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Namun pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu. Hal inilah yang bisa menyebabkan keakuratan dari rapid test cukup rendah,” jelas Riri.

Untuk pemeriksaan dengan akurasi tinggi maka dapat menggunakan layanan Swab Test. Swab test Corona yang sering juga disebut tes PCR (polymerase chain reaction). Dalam swab test Corona, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan, seperti hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus corona. “Tes PCR menganalisis DNA atau RNA (materi genetik virus) yang terdapat dalam virus. Meski sampel hanya mengandung materi genetik dengan jumlah sedikit, pemeriksaan ini dapat melipatgandakan DNA atau RNA tersebut sehingga akurasinya lebih tinggi,” papar Riri.

Adapun yang terakhir, layanan Suntik Vitamin C. Riri menjelaskan, layanan ini lebih ditujukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh penggunanya agar selalu fit di tengah pandemic corona ini. Riri pun memaparkan sejumlah keuntungan bagi pemesan layanan deteksi Covid-19 di ManyOption. “Di antaranya gratis konsultasi umum dengan customer service kami, gratis masker, dan merchandise menarik bagi 50 orang pendaftar pertama, serta gratis akses webinar maupun event menarik yang kami dan klien apartemen selenggarakan. Seperti yang sudah kami infokan melalui Instagram ManyOption” papar Riri.

Selain itu, dengan kondisi pandemi ini membuat perjalanan antar daerah menjadi lebih sulit dan membutuhkan dokumen tambahan, seperti Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan surat keterangan sehat bebas COVID-19. Dokumen tersebut tidak boleh digunakan secara sembarangan. “Jika Anda termasuk yang membutuhkannya, penting bagi Anda untuk mempersiapkannya. Tidak sama dengan surat pernyataan sehat pada umumnya, surat keterangan sehat bebas COVID-19 juga harus menyertakan bukti hasil rapid test atau PCR yang mengatakan bahwa Anda negatif. Di layanan deteksi COVID-19 Test ManyOption, Anda bisa meminta konsultasi dokter dari partner penyedia layanan kesehatan sekaligus meminta surat keterangan tersebut, proses deteksi COVID-19 yang cepat dan nyaman akan membuat kebutuhan Anda bisa terlaksana sesuai harapan.” jelas Riri.

Layanan deteksi COVID-19 ini sendiri bisa dipesan oleh siapa saja di wilayah Jabodetabek dengan mengunduh aplikasi ManyOption di Play Store (Android) atau melaui website ManyOption.

Pihak pengelola apartemen juga meyakini layanan COVID-19 Test ManyOption memberikan banyak dampak positif. Hal ini dituturkan oleh salah satu staf pengelola apartemen yang juga penghuni apartemen klien ManyOption, Andriyansa. “Promo masker dan disinfektan yang sebelumnya diadakan ManyOption s bagus dan mendukung lingkungan apartemen agar lebih aware terhadap kesehatan dan mencegah penyebaran virus corona. Lalu, sekarang dengan adanya layanan deteksi COVID-19 test yang ada di ManyOption, saya yakin layanan tersebut akan berkontribusi membantu menekan infeksi corona di lingkungan apartemen maupun umum. Sistemnya yang bekerjasama dengan penyedia layanan kesehatan terpercaya dan memberikan penawaran menarik seperti gratis masker, merchandise dan lainnya akan membuat penghuni apartemen dan publik semakin peduli terhadap pentingnya mendeteksi kesehatan dan menekan penyebaran virus,” kata Andriyansa, ME Project Officer Rusunami Bandar Kemayoran

Selain menyediakan fitur layanan deteksi COVID-19, ManyOption sebagai aplikasi apartemen juga memiliki beragam fitur yang memudahkan penghuni apartemen dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Beragam fitur yang tersedia di aplikasi ManyOption mempermudah segala kebutuhan harian penghuni apartemen. Di antaranya: Pembayaran IPL, Complain (Pelaporan), Emergency (Darurat), Merchant dan sebagainya.

Penggunaan aplikasi ManyOption menurut Riri bisa meningkatkan kenyamanan penghuni apartemen untuk tinggal di apartemen tersebut. “Dengan meningkatnya kenyamanan di apartemen, maka akan bisa meningkatkan nilai jual apartemen itu sendiri. Saat ini ManyOption telah bekerja sama dengan 33 property di Jakarta dan Bandung, serta sudah digunakan oleh ribuan user,” jelas dia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved