Listed Articles

GE Menangkan Proyek Turbin KDL

GE Menangkan Proyek Turbin KDL

Melalui proses bidding, General Electric (GE) berhasil memenangkan proyek turbin untuk kepentingan ekspansi stasiun pembangkit Krakatau Daya Listik (KDL) di Cilegon, Banten. Stasiun tersebut akan menyediakan energi listrik bagi PT Krakatau Steel, produsen baja terbesar di Indonesia, dengan kelebihan produksinya yang dikontribusikan ke jaringan energi negara.

GE akan menyuplai dua Turbin Gas 6B yang mampu mendongkrak produksi energi stasiun sebesar 120 megawatt saat memasuki fase operasi siklus-tertutup pada tahun 2013. Untuk tahap awal, kedua unit mesin akan beroperasi dalam siklus terbuka, yang memproduksi total 80 megawatt. Selain meningkatkan keluaran daya, teknologi 6B ini akan membantu memperbaiki efisiensi hampir sebesar 15%, dan mendukung inisiatif pemerintah untuk menghemat energi.

“Kami sangat bangga dengan kesempatan untuk membantu grup Krakatau Steel dalam memenuhi kebutuhan energinya yang meningkat, serta meningkatkan efisiensi produksi energinya,” kata Steven Rahm, executive product manager dari GE Power & Water.

KDL juga telah menandatangani sebuah persetujuan atau Contractual Service Agreement (CSA) selama 16 tahun dengan GE untuk kepentingan ekspansi stasiun pembangkit. Dengan kontrak ini, GE akan menyediakan suplai suku cadang, perbaikan dan layanan lapangan untuk perawatan kemungkinan kerusakan turbin gas dan generator. Kontrak jangka panjang ini disusun sedemikian rupa untuk dapat memberikan suatu komponen biaya perawatan yang dapat diprediksi bagi pemilik stasiun pembangkit, sekaligus memastikan arus pemasukan yang stabil dari operasi stasiun pembangkit. Hingga saat ini, GE memiliki kontrak jangka panjang yang serupa, termasuk CSA, di lebih dari 700 lokasi di seluruh dunia.

Turbin Gas 6B GE akan dikirimkan ke lokasi proyek pada Februari 2012 dan akan memulai operasi siklus terbuka pada Agustus 2012, sebelum akhirnya memasuki fase operasi siklus-tertutup sekitar awal 2013. Mesin-mesin ini akan beroperasi dengan menggunakan bahan bakar gas alam yang disuplai oleh Perusahaan Gas Negara (PGN)

Menurutnya, turbin Gas 6B GE merupakan salah satu mesin gas turbin yang paling banyak dipakai sejak diciptakan. Lebih dari 1.100 unit mesin ini telah beroperasi di seluruh dunia dan mengakumulasi lebih dari 60 juta jam terbang di berbagai bidang. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved