Technology Trends

Aplikasi Teman Bumil Edukasi Ibu Milenial tentang Pemberian ASI

Diskusi Teman Bumil tentang MengASI untuk para ibu milenial

Bertepatan dengan peringatan Pekan ASI Dunia yang jatuh setiap minggu pertama bulan Agustus, aplikasi Teman Bumil mengenalkan tampilan dan wajah baru. Selain wajah baru yang lebih segar, Teman Bumil juga menambah berbagai fitur baru yang lebih lengkap, menarik, dan informatif. Di saat yang sama dilakukan edukasi tentang pemberian ASI yang baik pada para ibu milenial.

Teman Bumil merupakan aplikasi yang ditujukan untuk membantu para ibu, agar bisa dengan mudah mendapat informasi dan berinteraksi dengan para ibu lain, berbagi pengalaman mulai dari persiapan program hamil, hamil, hingga pengasuhan anak usia 0-5 tahun. Salah satu pendiri Teman Bumil adalah putri dari Ferry Soetikno, Presiden Direktur Dexa Medica, grup farmasi di Indonesia.

Sejak diluncurkan November 2017, Teman Bumil telah diunduh lebih dari 1,3 juta pengguna. Menemani para ibu muda menghadapi proses kehamilan dan mendidik anaknya. Aplikasi Teman Bumil memungkinkan para ibu bisa memantau perkembangan janin dan tumbuh kembang si Kecil sekaligus juga sebagai alternatif Kartu Ibu dan Anak (KIA) versi digital, sehingga tidak perlu khawatir kalau KIA hilang.

Co-founder Teman Bumil, Robyn Soetikno menjelaskan, Teman Bumil bisa digunakan tidak hanya oleh ibu hamil, tetapi untuk seluruh ibu milenial. Jadi, bumilnya adalah singkatan dari ibu milenial. “Dengan tagline baru yakni Teman Ibu Milenial, Teman Bumil semakin berkomitmen menemani perjalanan Mums dari fase merencanakan kehamilan, hamil, menyusui hingga memantau tumbuh kembang anak hingga usia 5 tahun,” ujarnya.

Selain perubahan logo dan tagline, Teman Bumil juga mempersiapkan fitur-fitur baru, yaitu video edukatif di fitur Media, memperbanyak konten hingga anak usia 5 tahun, dan memperbanyak fitur interaktif. Jika dulu Mums hanya bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan di forum Teman Bumil, kini Mums juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak, bidan, ahli laktasi, psikolog, dan profesional lainnya.

Teman Bumil juga menyediakan berbagai kelas di forum Teman Bumil, seperti #SeninSharing dengan Psikolog, #TanyaDokter dengan dokter spesialis pada hari Selasa dan Jumat, #NgobrolBarengBubid pada hari Rabu dan Sabtu, serta Kelas Online dengan berbagai topik menarik di hari Kamis.

Selama pandemi Covid-19, Teman Bumil juga rutin mengadakan Instagram Live, Zoom Class dan YouTube Live secara reguler setiap minggunya.

“Dengan semua fitur baru tersebut, Teman Bumil diharapkan bisa lebih optimal mendampingi para ibu milenial dalam perjalanannya membesarkan buah hatinya, sejak masa kehamilan hingga usia emas tumbuh kembangnya,” jelas Product Manager Teman Bumil, Stephanie Rengkung.

Stephanie menambahkan, pada tahun lalu ditargetkan akan tercapai 1,5 juta pengunduh Teman Bumil pada akhir tahun 2020. Tapi ternyata, pandemi Covid-19 ini, karena orang goes online, sehingga target tersebut lebih cepat tercapai. “Hingga semester pertama 2020 ini, kenaikan pengguna sampai 150% dibanding periode sama tahun lalu,” terangnya.

Dalam upaya memberikan edukasi pada para ibu muda tentang ASI. Untuk itu Teman Bumil mengadakan diskusi virtual ini. Meskipun menyusui adalah proses alami, tetapi prosesnya tidak selalu mudah. Survei yang dilakukan Teman Bumil menunjukkan, memberikan ASI menjadi hal yang menantang bagi para ibu, terutama yang baru pertama kali melakukannya.

Dalam survei bertajuk Kebiasaan Menyusui Ibu Milenial yang diadakan Teman Bumil pada 24 Juli hingga 4 Agustus 2020, ada 2.211 responden yang berpartisipasi. Sebanyak 52,9% mengaku mengalami tekanan mental saat memberikan ASI. Lebih banyak daripada yang mengalami tekanan fisik seperti kelelahan karena harus begadang merawat newborn.

Tekanan mental yang dimaksud di antaranya, khawatir ASI kurang, tekanan dari orang sekitar, dan tidak percaya diri bisa memberikan ASI. Adapun masalah menyusui yang paling sering dialami adalah puting lecet (65%) dan produksi ASI berkurang (47,4%).

Karena semua masalah ini, hampir semua ibu milenial dalam survei (98,7%) mengakui membutuhkan dukungan dari orang terdekat, yakni suami, keluarga, dan lingkungan kerja. Tanpa dukungan, mustahil mereka bisa sukses mengASIhi.

Teman Bumil sangat mendukung proses mengASIhi ini. Bentuk dukungan Teman Bumil untuk ibu milenial yang tengah memberikan ASI antara lain dengan mengadakan konsultasi dengan pakar laktasi, mengadakan kelas online tentang ASI, hingga menyediakan informasi dalam bentuk artikel dan video tentang menyusui. Pada kesempatan edukasi tersebut Teman Bumil juga mengundang Sandra Dewi, artis yang juga ibu dua anak berbagi pengalamannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved