Marketing Trends

Strategi Tinkerlust Perkuat Brand sebagai Sustainable Fashion Platform

Kesadaran akan sustainability dan praktik etis di Indonesia kini mulai tumbuh, termasuk dalam industri mode. Gerakan sustainable fashion pun menggema seiring dengan promosi Sustainable Development Goals (SDG), yang diharapkan dapat berkontribusi dalam menyelamatkan dan menjaga lingkungan.

Strategi inilah yang diusung oleh platform belanja daring Tinkerlust untuk memperkuat posisinya sebagai online platform yang mempraktikkan dan mendukung gerakan sustainable fashion. Lewat strategi barunya ini, Tinkerlust ingin mendorong masyarakat di Indonesia terutama kaum wanita yang belum sepenuhnya sadar terhadap manfaat dari menerapkan sustainable fashion.

“Ini salah satu bentuk kontribusi kami dalam mengurangi limbah fesyen sehingga produk tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang,” ujar Aliya Amitra, COO dan Co-founder Tinkerlust dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (22/09/2020).

Aliya menjelaskan, saat ini sudah banyak yang mempraktekkan living minimalist salah satunya dalam berbelanja. Topik ini pun sedang hangat dibicarakan oleh semua industri tak terkecuali industri fesyen di berbagai dunia, karena bukan menjadi rahasia lagi bahwa industri ini adalah penyumbang sampah kedua tertinggi setelah industri minyak dan gas.

“Tinkerlust ingin menciptakan ruangan fesyen yang lebih sustainable dengan memberikan edukasi kepada konsumen setia kami lewat kolaborasi dengan brand lokal yang memiliki koleksi ramah lingkungan,” terangnya.

Menurutnya, strategi ini juga sekaligus untuk memajukan pengrajin lokal dan pemberdayaan wanita. Ia berharap, kedepannya Tinkerlust dapat menjadi pionir sustainable fashion platform di Indonesia sekaligus dapat memberikan dampak sosial yang positif.

Peluncuran strategi baru ini ditandai melalui campaign ‘Local Heroes’ dengan menggandeng 14 brand lokal yang memiliki nilai-nilai kebumian. Bersama 14 brand lokal ini, Tinkerlust akan menggelar serangkaian acara yang diawali oleh virtual fashion show lalu diikuti oleh Fashion Talks Show melalui Zoom pada 24 September 2020.

“Ke 14 brand yang kini sudah bergabung telah lama menerapkan praktik ramah lingkungan dalam proses perancangan hingga produksinya,” ujar Samira Shihab, CEO sekaligus Co-founder Tinkerlust.

Local Heroes diharapkan menjadi langkah awal dari strategi baru ini untuk menjadikan Tinkerlust sebagai fashion platform yang menerapkan sustainable fashion secara menyeluruh. Samira optimistis ke depannya akan lebih banyak lagi brand-brand yang memiliki visi sejalan untuk bergabung dengan kampanye ini.

Di campaign ini memberikan akses eksklusif kepada pengguna TMRW by UOB untuk bisa berbelanja koleksi Local Heroes selama 24 jam, dan bagi user yang baru download dan registrasi aplikasi TMRW akan mendapatkan e-voucher belanja.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved