Marketing Trends

Dorong Kebangkitan Industri Kopi, Jakarta Coffee Week Digelar Online

Jakarta Coffee Week (JACOWEEK0 merupakan acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh penikmat kopi Nusantara. Gelaran ini akan kembali diselenggarakan pada 30 November hingga 6 Desember 2020 di Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace terdepan.

Diadakan sejak tahun 2016, pada tahun ke-limanya kali ini JACOWEEK dilakukan secara online namun tidak akan mengurangi keseruannya dengan mengusung tema “Revival happens every day as a new one begins”. Perhelatan #Jacoweek2020 yang diselenggarakan oleh ABCD School of Coffee dan Hype ini menghadirkan ratusan lapak berbagai merek dagang dan usaha.

Hendri Kurniawan, Pendiri ABCD School of Coffee menuturkan, tema yang diusung tahun ini merupakan doroangan kuat untuk para seluruh pelaku industri tetap kuat dan terus berinovasi dalam kondisi apapun. “Kami mengerti tahun 2020 adalah tahun yang berat, namun kami hadir disini untuk memberikan dukungan. #Jacoweek2020 online tidak akan kalah seru dengan event sebelumnya dan diharapkan dapat menjadikan semangat baru untuk menghadapi tahun-tahun berikutnya,” jelasnya.

Pada tahun sebelumnya berhasil menjadi perhelatan kopi terbesar di Asia Tenggara. “ Setiap tahunnya kami menghadirkan pilihan tenant yang beragam, barista dan coffee roaster terkemuka, distributor dari seluruh dunia, serta petani kopi lokal. Kami juga menyiapkan kelas online pada tanggal 30 November dan 1 Desember 2020,” tambah Hendri

Aquarius Rudianto, Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri menyatakan, pihaknya berpartisipasi dan mendukung berjalannya Jakarta Coffee Week sejak tahun 2017 hingga 2020 ini. Juga akan mendukung perkembangan industri kopi Nusantara melalui program Mandiri Coffiesta, khususnya dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19 ini.

Aquarius melanjutkan, selain dukungan dalam bentuk kerja sama sponsorship, Bank Mandiri juga telah menyiapkan program reward berupa 100 e-voucher belanja untuk potongan harga di Tokopedia senilai Rp50 ribu yang dapat diperoleh hanya dengan melakukan pembukaan tabungan secara online melalui scan QR atau klik pada link khusus Jakarta Coffee Week 2020. Tak ketinggalan, 1000 e-voucher gratis ongkir untuk pembelanjaan menggunakan Mandiri debit atau Mandiri kartu kredit.

Jessica Stephanie Jap selaku AVP of Category Development ( FMCG & Long Tail Categories ) Tokopedia, mengungkapkan, kopi lokal menjadi salah satu produk yang laris di kategori Makanan dan Minuman Tokopedia selama pandemi. Tokopedia dalam hal ini terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendukukung eksistensi industri kopi , khususnya di tengah kondisi seperti ini. Caranya dengan memberikan panggung seluas-luasnya bagi para pegiat usaha kopi lokal, salah satunya melalui Jakarta Coffee Week 2020.

Setiap tahun Jakarta Coffee Week selalu berhasil menarik perhatian khalayak ramai. Pada gelaran tahun 2019, berhasil menarik 22.836 pengunjung yang membelanjakan total Rp 4,4 miliar lebih.

Menariknya, tahun ini juga akan diramaikan dengan “Sweet Treats Wonderland sweetened with Tropicana Slim“ , CoffeeCon, yang diisi dengan talks santai dan edukasi pada tanggal 30 November – 1 Desember dimulai jam 4 sore di TokopediaPlay. Para konsumen akan mendapatkan banjir promo dari setiap tenant mulai dari promo produk hingga promo ongkir.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved