Covid 19

Pemkot Yogyakarta: Libur Akhir Tahun, Protokol 4M Saja Belum Cukup

Tampilan kartu co-branding Flazz - BPD DIY yang diresmikan peluncurannya di Wates, Yogyakarta, Selasa (14/5) lalu.

Sebagai salah satu destinasi wisata yang paling banyak diminati di Indonesia, Kota Yogyakarta selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika masa libur panjang termasuk libur akhir tahun. Pemerintah Kota Yogyakarta mengakui bahwa kunjungan wisata yang naik saat masa-masa liburan selalu berdampak pada kenaikan pendapatan daerah dan ekonomi riil.

Meski demikian di masa pandemi seperti saat ini, dampak positif pariwisata pada ekonomi daerah tidak berarti menggeser perhatian pemerintah pada pengendalian Covid-19 di wilayah itu.

Pemerintah setempat menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan, demi mengantisipasi sebaran Covid-19. Wakil Walikota sekaligus Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, upaya pemulihan ekonomi saat liburan tak bisa dilepaskan dari aspek kesehatan. Destinasi yang bakal jadi tujuan wisatawan pun dipastikan adalah tempat yang aman, sekaligus nyaman.

“Artinya, tempat yang dikunjungi adalah yang menerapkan protokol kesehatan dengan serius. Masyarakat senang dan lebih bergembira ketika destinasi wisata, hotel, restoran, atau kafe, melindungi mereka,” jelas Heroe. Oleh karena itu, tetap perlu menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan serius. Karena itu jadi jaminan kita, sebagai upaya untuk melindungi tamu, maupun masyarakat.

Menjelang masa liburan yang bakal tiba dalam hitungan hari, Pemkot Yogyakarta pun terus melakukan monitoring, untuk memastikan destinasi wisata, hotel, restoran, atau tempat-tempat umum, sudah menjalankan protokol kesehatan.

“Apalagi, saat libur nanti, 4M saja belum cukup, tetapi harus ada juga pembatasan pengunjung dalam waktu bersamaan agar tidak terjadi kerumunan, pengaturan untuk alur keluar-masuk, pencatatan QR Code hingga mengurangi sentuhan terhadap barang, atau benda,” jelasnya.

Heroe mengaku pihaknya secara rutin melakukan monitoring agar memastikan protokol kesehatan sudah berjalan di semua tempat umum. Menurutnya saat liburan nanti, patroli, hingga sidak, akan terus dilakuan.Lebih lanjut, Heroe mengingatkan kepada wisatawan yang hendak berkunjung ke Kota Pelajar itu untuk memastikan dahulu kesehatannya. Surat keterangan sehat yang dapat dibuktikan dengan hasil rapid, atau swab test, menjadi kewajiban demi keamanan bersama.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved