Marketing Trends zkumparan

Digitarasa Luluskan 15 Pengusaha Kuliner

Sejak awal tahun 2020, perusahaan akselerator startup kuliner, Digitarasa, telah sukses mendorong pertumbuhan bisnis para pengusaha kuliner Tanah Air melalui serangkaian program mentoring. Diinisiasi oleh Gofood, Digitaraya, Chef Arnold Poernomo, dan Edward Tirtanata (Kopi Kenangan), Digitarasa kembali meluluskan 15 mitra usaha kuliner di Batch 2.

Peserta pelatihan Digitarasa akan memperluas jangkauan pasarnya ke jutaan pelanggan Gojek lewat program Promo Foodiskon: Resto Rekomendasi Chef Arnold di halaman utama Gofood. Program promo ini berlangsung dari tanggal 9 – 23 Desember 2020 dan menawarkan potongan harga sebesar 30% kepada pelanggan untuk mencoba berbagai pilihan kuliner andalan dari para peserta Digitarasa.

VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina mengatakan, program ini diadakan untuk semakin memanjakan pelanggan Gofood sekaligus menyambut momen tahun baru dengan mengajak pelanggan untuk mendukung para pelaku kuliner anak bangsa dalam memajukan industri kuliner Tanah Air.

“Selama 5 tahun menjadi growth partner para UMKM kuliner, kami memahami tantangan yang dialami para pelaku UMKM kuliner dalam mengembangkan usaha termasuk dalam hal manajemen bisnis, pemasaran, dan permodalan. Di masa pandemi, Gofood juga telah meluncurkan berbagai inovasi dan beradaptasi, serta tumbuh bersama para mitra usahanya,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (11/12/2020).

Kelima belas peserta Digitarasa Batch 2 adalah mereka yang terpilih setelah melalui proses seleksi ketat dari total 800 pendaftar dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar. Kemudian, di bulan September – November, para pelaku usaha kuliner ini mengikuti berbagai tahap pelatihan, mulai dari Bootcamp yang meliputi beberapa materi, seperti kiat sukses berbisnis kuliner dan bangkit dari kegagalan dari Chef Arnold Poernomo, entrepreneurship dan mengukur skala bisnis dari CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata.

Selain itu, inovasi pengembangan usaha menggunakan teknologi dan tepat sasaran oleh Gofood, dan para penggiat bisnis kuliner Tanah Air lainnya. Pelatihan juga termasuk sesi mentoring terkait pengelolaan bisnis kuliner yang dilakukan secara personal dan terfokus dan sesi Business Review untuk menilai kesiapan bisnis kuliner dalam melakukan ekspansi.

“Merayakan akhir dari pelatihan Digitarasa Batch 2, Gofood memberikan kesempatan eksklusif bagi pengusaha kuliner peserta Digitarasa untuk menyapa pelanggan, khususnya di Kota Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya melalui program promosi Gofood atau ‘Promo Foodiskon: Resto Rekomendasi Chef Arnold’. Para pelanggan Gojek dapat mencoba dan menikmati pilihan kuliner andalan dari para startup kuliner yang telah kami kurasi ini dengan potongan harga spesial sampai dengan 30%,” lanjut Rosel.

Dalam acara diskusi dan penutupan program Digitarasa Batch 2, chef profesional sekaligus CEO Digitarasa, Arnold Poernomo menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme peserta angkatan kedua yang tetap antusias mengikuti pelatihan secara online di masa pandemi ini.

“Kami berbangga hati bisa menjadi bagian dari perjalanan para peserta dan mendukung kemajuan bisnis kuliner di Indonesia. Walaupun dihadapkan dengan kondisi yang menantang, kelima belas peserta ini membuktikan bahwa mereka tetap bersemangat menimba ilmu dan mampu terus berinovasi dan bertumbuh,” katanya.

Tentunya, kata Arnold, menjadi bagian dari festival promo online ini merupakan kesempatan yang luar biasa karena brand mereka dapat lebih dekat dengan pelanggan serta terhubung dengan jutaan pelanggan Gofood. Ia harap Digitarasa dapat berkontribusi untuk visibilitas merek dan keberlanjutan usaha mereka ke depannya.

Untuk menikmati pilihan menu andalan peserta Digitarasa, pengguna GoFood bisa mengakses laman utama GoFood dan mengetuk banner Promo Foodiskon: Resto Rekomendasi Chef Arnold dan memilih puluhan produk kuliner yang telah dikurasi Digitarasa dan GoFood dari peserta Digitarasa tahun ini Program promosi ini akan berlangsung selama 2 minggu. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengakses akun Instagram @digitarasa_id.

Program akselerator startup kuliner Digitarasa angkatan selanjutnya, atau angkatan ketiga (Batch 3) akan kembali dibuka di awal tahun 2021 dan menyasar pelaku bisnis kuliner dengan produk siap jual untuk dipasarkan ke masyarakat, dengan usaha yang dibangun dan dimiliki sendiri (bukan franchise).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved