Indosat Ooredoo Bermitra dengan Ericsson Bangun Digital Monetization Platform
Indosat Ooredoo menggandeng Ericsson Digital Monetization Platform (DMP) untuk mentransformasi sistem pendukung bisnisnya (BSS) untuk memberikan pengalaman digital secara penuh kepada pelanggannya.
Dalam kemitraan ini, DMP akan mendukung perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo dan meningkatkan daya saingnya dengan memberikan penawaran produk dengan personalisasi kepada pelanggannya dan memungkinkan monetisasi layanan 5G, IoT dan digital untuk kedua segmen pelanggan, baik ritel maupun bisnis.
DMP menyediakan satu paket solusi lengkap untuk charging, billing, pengelolaan pemesanan dan katalog untuk operator digital. Manajer Katalog akan mengaktifkan layanan Business-to- Consumer dan Business-to-Business Indosat Ooredoo dengan manajemen siklus produk digital. Order Care akan menghadirkan pengalaman produk omnichannel yang konsisten bagi pelanggan Indosat Ooredoo. Charging dan Billing akan memungkinkan klasifikasi real-time dan monetisasi paket produk secara dinamis.
“Digital Monetization Platform merupakan platform API terbuka yang memungkinkan arsitektur layanan mikro dan mendukung integrasi layanan dan saluran baru secara lebih cepat. Hal ini akan memungkinkan bisnis yang lebih tangkas dengan menggunakan DevOps dari desain, orkestrasi dan monetisasi layanan baru,” jelas Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.
Medhat mengungkapkan, transformasi digital BSS Indosat Ooredoo menjadi DMP akan memungkinkan arsitektur layanan mikro dan menyederhanakan proses bisnis yang akan membantu untuk lebih fokus pada layanan digital unggul. DMP akan menyediakan penawaran produk yang dipersonalisasi dan integrasi secara fleksibel dari layanan pihak ketiga yang akan memungkinkan pelanggan untuk dapat menikmati layanan baru kami dengan lebih cepat dan efisien. Kemitraan ini akan mendorong ketangkasan dan inovasi untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan.
Jerry Soper, Country Head Ericsson Indonesia, mengatakan kemitraan baru ini semakin memperkuat kolaborasi jangka panjang antara Ericsson dan Indosat Ooredoo di Indonesia. DMP akan memperkuat Indosat Ooredoo untuk memonetisasi aset sambil memenuhi permintaan pelanggan dengan penawaran baru, meningkatkan daya saing dan memberikan fleksibilitas untuk memenuhi permintaan pasar. “Kami senang mendukung Indosat Ooredoo dalam perjalanan transformasi ini untuk memenangkan persaingan dengan waktu yang lebih cepat untuk memasarkan penawaran baru dan mengurangi biaya melalui solusi operasi dan TCO yang efisien,”ujarnya.
Di Indonesia, Indosat Ooredoo dan Ericsson telah lama menjalani kemitraan teknologi dan layanan, mencakup jaringan 2G, 3G, 4G, dan baru-baru ini uji coba jaringan 5G. Sebagai pemimpin global dalam hal ICT, berbagai solusi yang diberikan Ericsson menghadirkan akses bagi pelanggannya untuk pembaruan teknologi dan peningkatan kualitas.
Indosat Ooredoo sebagai bagian dari Ooredoo Group ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik melalui dunia digital. Pada 9 bulan pertama tahun 2020, Indosat Ooredoo memiliki 60,4 juta pelanggan dan mengoperasikan 59.969 BTS 4G yang mencakup hampir 90% total populasi penduduk di Indonesia.
www.swa.co.id