Management Trends zkumparan

Ini yang Perlu Diperhatikan UKM untuk Menembus Pasar Global

Persaingan untuk merebut hati konsumen dan menguasai pasar bagi para pelaku usaha saat ini semakin sulit, terlebih di masa pandemi. Pelaku bisnis harus memiliki terobosan dan keberanian untuk melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan bisnis mereka, salah satunya kegiatan ekspor.

Kegiatan ekspor merupakan langkah awal untuk menembus pasar global. Namun, saat ini masih banyak pelaku usaha yang bingung bagaimana cara untuk memulainya. Bagi pengusaha di Indonesia, sebetulnya sudah tersedia sejumlah platform berbasis online yang dapat mendukung rencana go online dan go global ini, salah satunya Alibaba.com.

Sebagai salah satu marketplace B2B internasional terbesar di dunia, Victoria Chen, Director of Global Golden Supplier – Central Operations Alibaba.com menyoroti tanggung jawab pihaknya dalam mempertahankan sumber dan layanan perdagangan berkualitas tinggi bagi seluruh supplier dan pembeli global bahkan dibawah tekanan kondisi pandemi.

“Hal inilah yang merupakan salah satu pendorong utama kami dalam meluncurkan Project Sprout Up. Sebagai bagian dari inisiatif Spring Thunder Alibaba Group untuk membantu para UKM bertahan dan berkembang melalui digitalisasi sebagai bentuk bangkit dari pandemi, serta menolong pelaku bisnis di seluruh dunia untuk merambah dunia online dan berjualan antarnegara,” ujarnya dalam webinar UMKM Expo(RT) BRILianpreneur 2020 baru-baru ini.

Dalam pemaparannya, Victoria menjelaskan bagaimana melalui Project Sprout Up, Alibaba.com mendukung para IKM dan UKM di Indonesia untuk berjualan secara global, melalui tiga area utama, yaitu mempercepat proses onboarding ke platform Alibaba.com, memberikan akses ke solusi yang telah dirancang untuk mempercepat pertumbuhan bisnis, serta menyediakan layanan yang disesuaikan guna memperdalam kemampuan perdagangan online bagi IKM dan UKM di Indonesia.

“Melalui kolaborasi dengan mitra lokal kami, kami mendukung para pelaku bisnis mulai dari tahap awal sebagai anggota supplier di Alibaba.com, hingga meningkatkan bisnis dengan menyediakan Smart Marketing Solution yang tersedia untuk anggota supplier kami di Indonesia, bahkan kami dapat menyesuaikan roadmap untuk membantu pelanggan dalam menuntun mereka menuju kesuksesan online dalam lanskap ekonomi pasca pandemi,” tambahnya.

Alibaba.com berfokus kepada tiga hal yakni pembeli, supplier, dan layanan baru sebagai strategi utama solusi digital perdagangan internasional yang dapat menjadi acuan bagi para pelaku bisnis di Indonesia.

“Guna mencapai harapan untuk melihat pertumbuhan buyers baru yang lebih cepat, kami berupaya untuk mengembangkan konten multimedia seperti livestreaming dan video yang dibuat oleh supplier sebagai salah satu metode yang efisien,” jelas Victoria.

Perusahaan juga akan semakin memperluas jaringan supplier untuk mendapatkan cakupan produk yang sesuai target. Selain itu, juga melakukan upaya untuk membantu para supplier dalam meningkatkan kemampuan digital mereka.

Dalam hal perdagangan global, menurut Victoria, Indonesia merupakan salah satu pasar yang berkembang di Asia, sekitar lebih dari 35.000 produk dari pelaku bisnis di Indonesia sudah terdaftar di Alibaba.com, termasuk diantaranya berasal dari industri Food & Beverage, Furniture, Produk Kecantikan, dan Perawatan Diri.

Pada kesempatan yang sama, Waizly Darwin, Head of Public Policy Lazada Indonesia menjelaskan, bahwa setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan ketika UKM ingin terjun ke pasar global.

“Lazada adalah tonggak Alibaba di Asia Tenggara dan kami memiliki visi untuk mempercepat pertumbuhan di Asia Tenggara melalui commerce dan teknologi, dengan memberdayakan UMKM,” katanya.

Menurutnya, ada 5 hal yang harus diperhatikan oleh UMKM untuk memasuki pasar global, saya masukkan ke 5M, yaitu Mindset, Market Knowledge, Marketing, Management, dan Money. Ini yang harus dipersiapkan betul-betul oleh pelaku UMKM.

Dalam tiga tahun ke depan, Alibaba.com pun berharap dapat membangun jaringan yang dapat membantu lebih dari 10 juta UKM di seluruh dunia untuk menjalani setiap proses melakukan B2B, mulai dari pencarian sumber, komunikasi, dan perdagangan online, yang dapat membantu mereka menjadi perusahaan multinasional dan berprestasi. Alibaba.com bertujuan untuk mencapai lebih dari US$100 miliar GMV.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved