Indonesia Best CFO zkumparan

Peran Baru CFO dalam Hati & Pikiran Organisasi

Bentangan tugas berat dihadapi CFO (Chief Financial Officer) untuk menyelamatkan perusahaan dari terjangan krisis multidimensi akibat disrupsi digital dan pandemi Covid-19 saat ini. Namun sejumlah perusahaan berhasil meraih capaian yang gemilang di sektornya.

Menyikapi situasi ini, SWA bekerja sama dengan Accenture menyelengarakan webinar bertajuk New Role of CFO in Organization’s Hearts & Minds. Membahas mengenai peran CFO di masa kini. Acara ini menghadirkan sejumlah CFO dari berbagai sektor antara lain telekomunikasi, perbankan, medis, sebagai pembicara. Mereka adalah finalis dari Indonesia Best CFO 2020 yang diadakan Majalah SWA.

Dalam paparannya, Nixon Napitupulu, CFO Bank BTN, menyoroti peran CFO masa kini yaitu sebagai balancer, menyeimbangkan berbagai kepentingan misalnya antara return dan investment, antara aset dan liabilities, antara jangka pendek dan panjang, antara profit dan sustainability masa depan khususnya dalam konteks pandemi.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, ia melanjutkan, diperlukan strategi untuk memperkuat bisnis dan menjaga kelangsungan operasional. Ia melakukan antara lain, repricing dana mahal dan memperbaiki struktur likuiditas; Rekomposisi & restrukturisasi kredit; memperkuat cadangan kredit (coverage ratio) dan permodalan, efisiensi biaya operasional; peningkatan profitabilitas dan shareholders values. Sementara itu pada strategi operasional yaitu pemanfaatan e-channel untuk transaksi dan banking activity.

“Dalam menghadapi disrupsi, seorang CFO berperan menjaga likuiditas, pendanaan, kualitas kredit, profitabilitas, efisiensi serta permodalan,” ujar Nixon.

Sementara itu, Jimmy Kadir, CFO Moratelindo, menyampaikan, di era disrupsi dan pandemi sekarang ini bahwa keputusan untuk berinvestasi di teknologi jangan ditunda lagi. Teknologi yang bsia membantu di zaman yang menantang ini. Salah satunya big data yang mampu menganalisis bahkan secara real time.

“Peran CFO sangat penting, sudah tidak lagi sebagai penjaga gawang keuangan perusahaan saja, tetapi lebih kepada agen perubahan dan perencanaan strategis,” ujar Jimmy.

Sejalan dengan itu, Michael Rehfeld, Managing Director Strategy Accenture, menyampaikan bahwa ada 4 prioritas kunci untuk fungsi keuangan untuk masa depan, yaitu put the house in order, unleash the technology, lead with catalyst mindset, dan unlock value. “Untuk mendorong nilai dan mengatasi risiko, CFO harus lebih cepat dari kecepatan bisnis,” ujar Rehfeld.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved