Marketing Trends

Agar Official Store Jadi Pilihan Utama Konsumen

Tri Raharjo, CEO Tras n Co Indonesia,

Tahun 2020 merupakan tahun terberat bagi hampir seluruh pelaku usaha di mana pun. Berbagai upaya dilakukan guna bisa tetap mencapai konsumen yang dibatasi geraknya karena pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menggarap pasar online lebih serius dengan menghadirkan Official Stores di berbagai e-commerce.

Namun tidak semua brand dan perusahaan bisa mengelola Official Store dengan tepat. Terlebih bagi beberapa pelaku bisnis ini juga merupakan hal baru.

Kehadiran Official Store, sebagai salah satu fitur yang disediakan marketplace atau e-commerce secara nyata telah membawa dampak yang sangat positif terhadap eksistensi perusahaan atau brand dan bahkan berhasil menjadi channel penjualan yang sangat efektif, khususnya ketika dunia masuk kepada kebiasaan baru (new normal) saat pandemi Covid-19.

Di sisi lain, keputusan perusahaan atau brand menghadirkan produk melalui Official Store bisa menjadi peluang bagi brand untuk menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan. Sebab, di era yang sangat berkembang saat ini, kehadiran marketplace sangat membantu untuk melakukan penjualan produk.

Terpenting, Official Store juga memberikan rasa aman dan kepastian kepada calon pembeli. Dengan banyaknya seller yang terdaftar di e-commerce atau marketplace, kehadiran Official Store memastikan pembeli tidak takut saat berbelanja. Hal ini tentunya akan membuat pembeli lebih yakin untuk membeli dari official store.

Tri Raharjo, CEO Tras n Co Indonesia, mengatakan kehadiran official store secara nyata telah membawa dampak yang sangat positif terhadap eksistensi perusahaan atau brand, bahkan menjadi channel penjualan yang sangat efektif, khususnya ketika dunia masuk kebiasaan baru saat pandemi covid-19.

“Keamanan, kenyamanan dan kepraktisan adalah beberapa faktor utama dari banyak konsumen beralih memilih berbelanja melalui saluran e-commerce. Sementara hadirnya Official Store sebuah brand memberikan jaminan akan keamanan dan jaminan kualitas produk karena dijual oleh pemilik brand langsung,” jelas Tri.

Selanjutnya, untuk mengakomodir perkembangan tersebut dan memberikan apresiasi terhadap brand yang berhasil membangun official store, Tras n Co Indonesia bersama Infobrand.id memberikan Top Official Store Awards 2020. Penghargaan ini merupakan apresiasi dan pengakuan yang diberikan kepada Official Store yang sukses menjadi pilihan konsumen Indonesia.

Trans n Co melakukan riset pada lebih 5.000 Official Store di Indonesia, berdasarkan kinerja Official Store di marketplace, yang dilakukan sejak bulan Oktober hingga Desember 2020. Penghargaan ini diberikan kepada Official Store atau Official Shop pilihan konsumen Indonesia.

Penilaian didasarkan pada tiga pendekatan yaitu Store Sales Aspect, Store Reviews & Rating Aspect, dan Store Followers Aspect.

Top Official Store Award 2021 antaranya Philips Lighting, Bayer Health, Hanasui, OPPO, Senka, Blackmores, SASA, SilkyGirl, Monde Mart, Lemone, Oemah Herborist, Stay Hoops, Evangeline, Vaya Madelon, Natur-E, Farmaku dan official store lainnya.

Tri mengingatkan bagi perusahaan dan pemilik merek, dalam mengelola Official Store ada beberapa yang harus diperhatikan. Pertama, di era keterbukaan informasi seperti sekarang, konsumen bisa menilai kualitas layanan dan produk kita seketika itu juga, maka itu harus Official Store harus dikontrol dengan sangat baik.

“Konsumen melakukan pembelian dengan membandikan brand satu dengan lainnya, maka rating harus dijaga dan dikontrol. Dari survei yang kami lakukan terhadap 5000 merek, mereka yang mencapai Top Official Store memiliki rata-rata rating 4,77 di berbagai e-commerce, berarti kepuasan konsumen sangat baik,” terangnya.

Kedua, ulasan-ulasan yang diberikan pembeli di Official Store perlu dikontrol karena ini berdampak ke penjualan, lanjut Tri, apalagi jika jumlah yang berbelanja sangat banyak dan rating tinggi mendekati lima ini bagus pengalaman pelanggan.

“Offiial Store biasanya juga memiliki follower, harus diperhatikan apa yang mendorong minat mereka belanja kembali misalndengan promo yang menarik,” imbuhnya.

Ketiga, untuk itu perusahaan harus menyiapkan tim yang siap memberikan pelayanan denga cepat, jangan biarkan customer switch ke brand lain.

Keempat, foto dan video pun diperhatikan. Karena konsumen sebelum belanja biasanya mereka akan melakukan pencarian melalui mesin pencari seperti Google misalnya, perusahaan harus mengupayakan agar merek mereka ada di papan atas mesin pencari dan terkoneksi ke Official Store. Jadi ketika konsumen ingin melakukan pembelian karena tertarik pada foto dan video yang ada di Official Store bisa langsung terhubung ke sana.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved