Trends Economic Issues zkumparan

Sektor Pertanian Diharap Pacu Pertumbuhan Ekonomi 2021

Sektor pertanian digadang-gadang akan menjadi sektor penggerak perekonomian Indonesia di tahun 2021 ini. Mengacu pada Outlook Ekonomi Pertanian 2021, sektor pertanian diproyeksikan tumbuh sebesar 3,30% hingga 4,27%. Subsektor peternakan juga diproyeksikan mengalami pemulihan pada tahun 2021 dengan pertumbuhan sebesar 3,72% sampai dengan 4,68% setelah pada tahun 2020 mengalami kontraksi.

“Untuk mencapai pertumbuhan sesuai proyeksi tersebut dibutuhkan dorongan dari sisi produksi disertai dukungan sisi permintaan,” kata Asisten Deputi Pangan Kemenko Perekonomian, Muhammad Saifulloh.

Ia berharap, perbaikan harga komoditas tanaman perkebunan mampu mendorong pertumbuhan subsektor tanaman perkebunan. Begitu juga pada subsektor peternakan, Saifulloh berharap perbaikan sisi permintaan konsumsi produk hewani mampu memperbaiki pertumbuhan subsektor peternakan.

Geliat sektor pertanian global di tahun 2021 akan dihadapkan dengan sejumlah peluang dan tantangan. Peluang dan tantangan tersebut antara lain gelombang pandemi lanjutan di sejumlah negara, perubahan perilaku konsumsi dari restoran dan tempat sejenis ke rumah tangga, dan disrupsi teknologi finansial dan teknologi tatap muka.

Adanya perubahan kebijakan perdagangan internasional, stimulus fiskal dan moneter, kebutuhan transformasi sistem pangan, serta pemberian vaksin Covid-19 juga menambah daftar peluang dan tantangan sektor pertanian global di tahun 2021.

Sementara itu, di tingkat nasional hal yang sama juga menanti. Sejumlah peluang dan tantangan masih harus dikelola dan ditangani dengan baik oleh stakeholder pertanian. Peluang dan tantangan tersebut antara lain anomali iklim, penerapan teknologi, bonus demografi, regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM), dan diversifikasi pangan.

Selain itu peningkatan akses pangan, penanganan kerawanan pangan, kelembagaan, pembiayaan, akses data, anggaran research and development (R&D) yang kecil, kenaikan upah riil buruh tani, alih fungsi lahan, serta peluang dan tantangan logistik.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved