Capital Market & Investment zkumparan

Peserta Tapera Menambah Jumlah SID Investor

Ryan Filbert, investor muda yang memburu return 8-12% di pasar saham. (Ilustrasi Foto : Vicky Rachman/SWA).

Jumlah nomor tunggal identitas pemodal atau yang lazim juga disebut dengan Single Investor Identification (SID) yang tercatat oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 30 Juni 2021 sebanyak 9.335.798. Direktur Utama KSEI, Uriep Budhi Prasetyo, menyampaikan penambahan SID dikarenakan masuknya peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) sebanyak 3,91 juta dalam Sistem Multi Investasi Terpadu (S-MULTIVEST) KSEI, yang beroperasi sejak 10 Juni lalu.

“Konsep identitas tunggal yang telah digunakan KSEI untuk mengembangkan nomor SID terbukti mampu menjadi identifikasi investor di pasar modal dimanfaatkan juga untuk produk keuangan lain di luar pasar modal,” ujar Uriep dalam keterangannya di sela-sela Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) KSEI di Jakarta, Rabu (30/6/2021).

Komisaris Utama KSEI, Rahmat Waluyanto, memimpin jalannya RUPST, didampingi oleh Komisaris KSEI Ito Warsito dan Dian Fithri Fadila serta jajaran Direksi KSEI, yakni Uriep Budhi Prasetyo serta Direktur KSEI, Syafruddin dan Supranoto Prajogo. RUPST KSEI dihadiri oleh 5.580 lembar saham atau sebesar 94,90% saham dari seluruh saham dengan hak suara yang sah yang telah dikeluarkan oleh Perseroan sampai dengan tanggal Rapat yaitu sejumlah 5.880 saham.

Dalam RUPST, telah disetujui penyesuaian masa jabatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi KSEI dari 3 tahun menjadi 4 tahun. Hal ini dilakukan untuk memenuhi Peraturan OJK nomor 3/POJK.04/2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal. Pasal 102 POJK tersebut menyatakan bahwa anggota Dewan Komisaris dan Direksi Lembaga Kliring dan Penjaminan atau Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian diangkat untuk masa jabatan selama 4 tahun dan dapat diangkat kembali.

Agenda RUPST lainnya yang dibahas adalah persetujuan penyesuaian Anggaran Dasar KSEI, pengangkatan anggota Komite Anggaran KSEI dan penunjukan KAP untuk mengaudit Laporan Keuangan KSEI tahun buku 2022.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved