Business Research Trends zkumparan

Konsep Shoppertainment Akan Tetap Digemari Konsumen di Mega Sales

Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia (Foto: Anastasia AS/SWA).

TikTok memprediksi konsep Shoppertainment atau belanja sambil melakukan aktivitas hiburan, penemuan konten/informasi baru akan tetap digemari selama pelaksanaan Mega Sales.

Dalam penemuannya terlihat bahwa 78% dari responden tidak sabar menantikan Mega Sales untuk berbelanja. Sementara itu, 66% sudah melakukan perbandingan harga atas produk yang mereka incar. “Kondisi ini sangat menantang bagi para brand dan e-commerce untuk melihat kembali strategi yang selama ini mereka gunakan untuk menjangkau pelanggan,” kata Wiwy Sasongko, Executive Director, Retailer Vertical, NielsenIQ Indonesia dalam acara Media Briefing siang ini (22/07/2021).

Brand, menurutnya, harus beradaptasi dengan perubahan tren yang terjadi. Termasuk perilaku konsumen dalam mengkonsumsi konten digital. Antusisme konsumen tidak hanya terahadap brand besar, tetapi juga brand baru. Sebanyak 80% responden merasa senang karena menemukan konten baru di TikTok, dan 78% dari responden justru membeli produk dari brand baru atau brand berbeda dari yang mereka sering gunakan.

Bahkan 55% dari responden kerap melakukan pembelian spontan, meskipun sudah mempersiapkan daftar belanja. Dalam kondisi seperti ini, brand diwajibkan untuk tampil lebih kreatif dalam memeasarkan produknya, misalnya melalui penggunaan tagar atau challenge untuk menarik konsumen dalam memilih produk yang akan dikonsumsi.

“Konten dalam tagar #RacunInTikTok dan #GaraGaraTikTok meraih total view hingga lebih dari 3,5 miliar di TikTok,” ujar Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia. Tren dan jumlah tersebut membuktikan bahwa TikTok bisa menjadi alternatif dalam memasarkan produk dan cara baru masyarakat dalam mencari rekomendasi berbelanja.

“Brand harus tetap hadir untuk konsumen di masa seperti ini melalui konten yang positif, informatif, serta menghibur – sesuai dengan ciri khas TikTok,”ujarnya. Dia menambahkan, konsep Shoppertainment bisa menjadi cara brand untuk memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen.

Untuk lebih memeriahkan acara ini, TikTok menyediakan berbagai fitur kreatif seperti Branded Effects, Hashtag Challenges, dan Livestreams.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved