Strategy

Waroeng Steak & Shake Bagikan Resep Bisnis Kuliner Bertahan Saat Pandemi

Pandemi Covid berdampak pada semua kalangan dan memberi tantangan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Berdasarkan data dari UNDP dan FE UI, dampak Covid-19 telah membuat 9 dari 10 pelaku UMKM mengalami penurunan permintaan, 2 dari 3 UMKM mengalami penurunan pendapatan, lebih dari 80% mencatat margin keuntungan lebih rendah, lebih dari 53% UMKM mengalami penurunan nilai aset, dan sebagian besar UMKM kesulitan mendistribusikan produknya.

Namun demikian, sekitar 44% UMKM yang disurvei telah bergabung dengan pasar online. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, banyak contoh kasus UMKM yang beradaptasi dan berinovasi dapat bangkit dan pulih dari dampak pandemi. “Kebutuhan lapangan kerja baru bagi masyarakat & perbaikan kesejahteraan tetap krusial, di sinilah peran wirausaha dibutuhkan,” tegas Menkop UKM Teten Masduki, mengutip siaran pers Kementerian Koperasi UKM.

Sementara itu, Pemilik Waroeng Steak & Shake Jody Broto Suseno mengatakan pandemi berdampak pada perkembangan bisnis yang dijalaninya. Pandemi ditambah dengan adanya PPKM yang membatasi jam operasional hingga aktivitas di restoran. Hal ini kemudian membuat penjualan serta omzetnya turun bahkan hingga 70%. “Selama pandemi usaha kuliner, ada aturan PPKM tidak boleh dine in. Penurunan omzet bisa sampai 70%,” ujar Jody dalam siaran pers di Jakarta (7/8/2021).

Jody berinovasi demi mempertahankan penjualan, terutama selama pemberlakukan PPKM. Salah satunya dengan menyediakan layanan dine in your car. “Kami buat etrobosan makan di dalam mobil. Jadi order, karyawan stand by di parkiran, kemudian orang datang. Karyawan mencatat order, bayar langsung. Kemudian diantar, bisa makan pakai hot plate di dalam mobil,” katanya.

Jody juga mengeluarkan beberapa menu baru yang sehat untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Sebab menurutnya, saat ini masyarakat lebih aware dengan kesehatan. Sehingga preferensi makanan mereka mulai berubah, yakni ke arah makanan sehat dengan sayur dan tidak banyak mengandung gula. “Mengeluarkan menu baru, menu yang pas buat kondisi pandemi, Menu healthy dan honey lime untuk meningkatkan pelanggan di masa pandemi,” tandasnya.

Lebih lanjut Jody menjelaskan kunci utama agar bisa bertahan di masa pandemi yaitu kreativitas. Pelaku usaha harus kreatif mencari inovasi. Bisa juga dengan mempelajari dari kompetitor, kemudian mengembangkan apa yang kira-kira baik.

Untuk itu, gelaran webinar dibutuhkan guna memperluas perspektif pelaku usaha dan masyarakat yang baru akan terjun ke dunia usaha kuliner dalam mencari inovasi yang sesuai di masa pandemi COVID-19. Seperti webinar ‘Kembangkan Bisnis Kulinermu’ yang dilaksanakan oleh Kraft Heinz Food Service. Menurutnya, acara tersebut bisa membekali para pengusaha agar bisnisnya bisa berlari kencang usai PPKM Darurat selesai diberlakukan.

“Pandemi ini kan cuma sementara. PPKM Darurat cuma sementara. Pasti ada saatnya dibuka lagi. Nah ketika dibuka kesempatan teman-teman pengusaha yang baru mulai dari nol, ini kan pengusaha lama pada turun semua. Mereka harus adaptasi dengan kondisi yang baru. Jadi start nya benar-benar dari nol semua. Jadi ketika PPKM dibuka, September atau Agustus akhir dibuka, kita udah mulai ancang-ancang,” katanya.

Bahkan, selama acara Jody mengaku bisa ikut banyak belajar dari rekan-rekan sesama pengusaha yang menjadi narasumber. Ia pun berharap webinar bisnis kuliner tersebut dapat mencetak pengusaha kuliner lokal yang bisa menembus kancah internasional. “Harapannya Indonesia punya banyak pengusaha yang berskala internasional. Sementara ini, usaha kuliner di Indonesia dikuasai brand-brand luar. Melalui acara ini semoga lahir pengusaha-pengusaha yang punya brand lokal mendunia. Semangat buat memotivasi teman-teman pengusaha, ayokita bisa,” tandasnya.

Webinar ‘Kembangkan Bisnis Kulinermu’ digelar dalam 2 rangkaian acara, yakni pada 29 Juli dan 5 Agustus 2021 lalu. Acara ini mendapat antusiasme tinggi dari para UMKM kuliner yang dilihat dari banyaknya jumlah peserta di masing-masing rangkaian webinar. Webinar 1 diikuti oleh 26 ribu UMKM, sedangkan jumlah peserta di seri webinar ke 2 mencapai 24 ribu UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.

Managing Director Kraft Heinz Indonesia & PNG, Steven Debrabandere menjelaskan, gelaran webinar tersebut merupakan bentuk dukungan Kraft Heinz Food Service agar UMKM kuliner di Indonesia bisa maju dan berkembang, terutama di masa pandemi COVID-19. “Melalui webinar ini, Kraft Heinz Food Service sebagai partner pelaku bisnis kuliner, ingin menyediakan wadah berbagi pengalaman dan pengetahuan khususnya untuk UMKM kuliner agar bisa maju dan berkembang di masa pandemi ini.” ujarnya.

Steven menambahkan dalam rangka mendorong digitalisasi bagi UMKM kuliner, Kraft Heinz Food Service juga mengajak Digital Marketing Expert, Niko Julius untuk berbagai ilmu seputar pembuatan konten media sosial dan pemasaran produk secara digital. Hal ini juga sejalan dengan upaya Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) yang menargetkan 30 juta UMKM go digital hingga tahun 2024.

Selain berbagi ilmu dan pengalaman, lanjut Steven, pihaknya juga memberikan kesempatan bagi UMKM peserta webinar terpilih dengan bisnis dan prospek paling potensial untuk mempromosikan bisnis kulinernya melalui detik.com. Ada juga tambahan modal senilai Rp 30 juta bagi para UMKM kuliner untuk mengembangkan bisnisnya. Sementara itu, bagi 10 UMKM terpilih juga akan berkesempatan mengikuti sesi pelatihan eksklusif dan kelas memasak dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved