Management Trends

12 Tahun Tokopedia Dukung Bisnis UMKM Indonesia

Tokopedia merayakan hari jadinya yang ke-12 hari ini, bertepatan dengan HUT Republik Indonesia yang ke-67. Co-founder & Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison mengatakan bahwa selama 12 tahun, Tokopedia telah mendukung perkembangan bisnis di Indonesia, terutama di sektor UMKM.

“Sejak 12 tahun lalu, kami telah melihat banyak ketimpangan yang terjadi di kota-kota kecil. Sehingga, kami berkomitment hingga saat ini untuk mendukung pebisnis UMKM agar bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik,” kata Leontinus.

Salah satu cara Tokopedia untuk membantu UMKM di Indonesia dengan menyelenggaran program Hyperlocal. Program tersebut diejawantahkan, salah satunya, dengan melakukan digitalisasi pasar tradisional. Selama Kuartal II/2021, platform mencatakan daerah yang memiliki jumlah pembeli paling signifikan meliputi Palembang, Semarang, Malang, Makassar dan Papua.

“Upaya kami selama belasan tahun ini telah membawa lebih dari 1% perekonomian Indonesia melalui Tokopedia,” ujar Leontinus. Selain itu, di kuartal yang sama, Tokopedia juga mencatatkan sebanyak 11 juta penjual yang terdaftar di platformnya, dimana hampir 100%-nya adalah UMKM. “Per Juni 2021 kami juga mencatat ada lebih dari 100 juta pengunjung bulanan di platform kami,” kata dia menambahkan.

Untuk memeriahkan hari jadinya yang ke-12, Tokopedia menyelenggarakan berbagai inisiatif yakni program Waktu Indonesia Belanja (WIB) Traktiran Ulang Tahun Tokopedia yang diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus hingga 31 Agustus 2021 mendatang, peluncuran sejumlah koleksi dari berbagai brand, konser ulang tahun Tokopedia yang dimeriahkan oleh BTS, hingga donasi sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19.

“Para Nakama (karyawan) pun ikut merayakan HUT kami dengan menyumbangkan hampers berisi vitamin, suplemen dan perawatan diri ke sejumlah rumah sakit di Indonesia,” ujarnya menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved