Capital Market & Investment Corporate Action

Rights Issue KIOS Diproyeksikan Capai Rp 300 Miliar

Foto : Kioson

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk berencana melakukan rights issue atau penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Aksi korporasi perseroan ini mendapat restu dari pemegang saham. Target dana right issue ini berkisar Rp 250-300 miliar. Kioson akan menerbitkan sebanyak 365,79 juta saham baru atau setara 51% dari modal disetor sebelum rights issue dan disertai dengan penerbitan waran seri II dengan jumlah sebanyak-banyaknya 248,74 ribu waran.

Reginald Trisna, CEO Kioson, menyampaikan perseroan berencana mendongkrak pertumbuhan bisnis perseroan dari aksi korporasi tersebut sehingga akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan perseroan dan dapat memberikan nilai tambah bagi pemegang saham. “Jika semua berjalan sesuai rencana, dana hasil rights issue akan digunakan untuk mengembangkan kegiatan usaha perdagangan, pergudangan dan telekomunikasi yang merupakan bagian dari kegiatan usaha utama perseroan dan anak usaha,” ucap Reginald dalam pernyataanya di Jakarta pada pertengahan pekan ini.

Apabila pemegang saham tidak melaksanakan HMETD miliknya, maka persentase kepemilikannya terhadap saham perseroan akan terdilusi hingga sebanyak-banyaknya 33,77%. HMETD ini bakal dieksekusi setelah Kioson memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Harga pelaksanaan aksi korporasi tersebut masih dalam tahap pembahasan. Sebagai informasi, emiten teknologi yang sahamnya berkode KIOS ini mengantongi laba bersih positif pada kuartal II/2021, yanki sebesar Rp 1,5 miliar atau naik 113,4% dari catatan kerugian Rp 10,8 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved