Personal Finance Capital Market & Investment

Resep Berinvestasi dari Gaji UMR

Masyakat terkadang mengabaikan manfaat menyisihkan pengasilan bulanan untuk berinvestasi . Untuk masyarakat yang mengandalkan penghasilan dari upah minimum regional (UMR) didorong untuk mempertimbangkan berinvestasi “Sebenarnya gaji UMR dan bukan UMR bukan masalah. Investasi itu earlier you do better,” kata Raymond Sutanto, Co-founder Zipmex Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/8/2021). Raymond berpendapat niat berinvestasi sejak dini merupakan aspek yang pentin Oleh karena itu, ia membagikan tujuh tips yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi dengan modal gaji UMR.

Yang pertama adalah menentukan tujuan dalam kurun waktu tertentu. Kedua, membuat perencanaan. “Hitung dengan baik berapa take-home pay Anda, di luar dari upah lembur. Lalu, alokasikan dana tersebut sesuai dengan persentase yang sudah Anda tentukan. Setiap orang punya caranya masing-masing tergantung kebutuhannya. Oleh sebab itu, kebutuhan hidup boleh saja memiliki porsi terbesar. Namun, sisanya harus ada yang dialokasikan untuk investasi atau menabung,” ucap Raymond menjabarkan

Kemudian, aspek yang keempat adalah menyiapkan alokasi dana khusus untuk investasi. Jangan menunggu hingga gaji bulanan Anda tersisa baru berinvestasi. Selain, biasanya tidak benar-benar berhasil, Anda justru menunda hal yang bisa dilakukan lebih cepat. “Anda juga harus membiasakan diri untuk disiplin. Jangan mengurangi besaran tabungan atauinvestasi yang semestinya Anda siapkan. Tetapi, Anda boleh berinvestasi dengan nominal yang lebih besar, hanya apabila memang Anda tengah memiliki uang lebih. Jangan sampai investasi Anda justru mengganggu cash flow,” imbuhnya.

Raymond mengatakan nilai investasi dengan dana minimal atau nama lainnya adalah strategi DCA (Dolar Cost Average) lalu beli aset kripto. “Misalnya Bitcoin, itu kan, sudah King of Crypto, beli sedikit-sedikit dengan strategi DCA. Nanti tanpa kita sadari, setelah 2-3 bulan, kita akan merasa harganya sudah lebih tinggi,” tutur pria yang akrab disapa Ray itu.

Aspek kelima adalah mempelajari instrumen investasi dan menganalis risiko serta mengkaji fundamental agar bisa menentukan strategi investasi yang tepat sesuai dengan tujuan. Rutin mempelajari produk investasi dan risikonya itu bertujuan untuk meningkatkan wawasan investor agar investasi dilakukan bertanggung jawab dan tidak mudah tertipu oleh scam yang mengatasnamakan investasi. Yang keenam, investor mencari penghasilan tambahan seandainya gaji UMR tidak cukup. Misalnya dengan membuka jasa terjemahan, jasa les, menjadi freelance, atau berjualan online. Dengan cara ini, modal investasi Anda juga jadi semakin besar, imbal hasilnya juga bisa jadi semakin menarik. Yang tak kalah penting adalah membudayakan hidup hemat.

Terakhir dan yang tak kalah penting, Anda harus memilih instrumen investasi yang paling sesuai. Anda bisa memulai investasi dalam bentuk konvensional seperti tabungan, membeli reksa dana atau obligasi, membeli saham, atau yang saat ini tengah populer adalah kripto sebagai salah satu instrumen yang memiliki imbal hasil investasi yang cukup baik dan dapat diakses dengan mudah. Di Zipmex, investor memulai investasi Anda mulai dari Rp 100 ribu dan membeli kripto mulai Rp 10 ribu.

Zipmex pada 26 Agustus hingga 3 September 2021 menginisiasi program bertajuk Invest Day. Selama periode berlangsung, ada cashback Bitcoin senilai Rp 50 ribu bagi pengguna baru yang mendaftar menggunakan kode referral INVESTDAY dan membeli Bitcoin minimal Rp 100 ribu. Sementara bagi pengguna baru, Zipmex memberikan cashback Bitcoin senilai Rp 25 ribu untuk pembelian Bitcoin minimal Rp 100 ribu selama periode berlangsung.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved