Management Trends

Kolaborasi Lintas Sektoral Mendongkrak Ekonomi Sirkular

Kolaborasi Lintas Sektoral Mendongkrak Ekonomi Sirkular
Foto : Dok

Kolaborasi lintas sektoral untuk mengembangkan perekonomian sirkular dijalin oleh PT Tirta Fresindo Jaya, produsen air minum dalam kemasan Le Minerale, bersama Chandra Asri, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI), dan Lions Club, yang menggelar kegiatan aksi bersih-bersih serentak di dunia (World Cleanup Day) bertema Pilah Sampah dari Rumah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai tata kelola sampah yang berdampak positif terhadap lingkungan dan ekonomi sirkular. “Edukasi dan kesadaran kepada masyarakat bahwa menanggulangi masalah sampah dapat dilakukan dengan cara memilah sampah dari rumah.” ujar Liana Trisnawati, Ketua Komite Lingkungan Lions Club di Jakarta pada akhir pekan lalu.

Kegiatan aksi bersih bersih ini dilakukan dari rumah masing-masing yaitu masyarakat melakukan pemilahan sampah di rumah kemudian dikumpulkan dan dibawa ke bank sampah untuk ditimbang. Liana menambahkan kegiatan ini merupakan gerakan nasional dengan jumlah peserta sebanyak 300 di koordinasikan oleh Lions Club Distrik 307 A1 dan bank sampah serta perusahaan daur ulang di DKI Jakarta yang di ikuti oleh 100 ribu orang di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

“Mari kita gunakan sampah sebagai sesuatu yang meningkatkan nilai ekonomi sirkular. Tentu ini semua membutuhkan dukungan semua pihak, seperti yang sudah dilakukan juga oleh Le Minerale yang memang cepat sekali berdiskusi dengan kami dan langsung mengeksekusi kegiatan-kegiatan pemilahan sampah,” ujar Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada pelaksanaan WCD di akhir pekan lalu.

Ronald Atmadja, Sustainability Director PT Tirta Fresindo Jaya mengatakan partisipasi Le Minerale dalam WCD bersama Lions Club ini merupakan yang kedua kalinya. “Dukungan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menjaga dan merawat lingkungan,. Kegiatan ini sejalan dengan visi kami untuk mengedukasi pentingnya memilah sampah dari rumah yang merupakan salah satu kunci sukses agar kegiatan daur ulang dengan konsep sirkular ekonomi bisa berjalan dengan baik dan efisien,” tutur Ronald

Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale berkomitmen mendukung upaya pengelolaan sampah, khususnya menyebarluaskan kebiasaan memilah sampah dari rumah. Selain berpartisipasi aktif di WCD, Le Minerale rutin mengedukasi masyarakat melalui pesan layanan masyarakat di ruang publik. Pilah sampah dari rumah adalah bagian penting dalam mata rantai ekonomi sirkular untuk meningkatkan tingkat pengumpulan (collection rate), dan kualitas hasil pengumpulan. Peran serta masyarakat dalam pilah sampah akan memdapatkan benefit ekonomi langsung, dengan menjual hasil pilah sampahya ke bank sampah, atau ke titik pengumpulan.

Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah ini juga mendapatkan penghargaan dari Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai prestasi dalam Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah Terbanyak dengan total peserta terbanyak, yaitu lebih dari 100.000 peserta.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved